Senin, 03 April 2017

SAKA Widya Budaya Bakti Gelar Kursus Mahir Dasar

SAKA Widya Budaya Bakti Gelar Kursus Mahir Dasar

Satuan Karya (SAKA) Widya Budaya Bakti bekerjasama dengan Pusdiklatnas Gerakan Pramuka menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) pada 3-8 April 2017. Kegiatan tersebut digelar di dua lokasi, tanggal 3-5 April 2017 di Graha Insan Cita Depok dan tanggal 5-8 April 2017 di Taman Rekreasi Wildatika (TRW) Cibubur, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Kak Harris Iskandar yang juga Kapinsaka Widya Budaya Bakti secara resmi membuka KMD di Aula Sudirman TRW, Cibubur Jakarta Timur, Senin (3/4). Peserta KMD berjumlah 80 orang, yang berasal dari pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) di 29 UPT PAUDNI Se-Indonesia.

Kak Harris Iskandar dalam sambutannya menjelaskan, Gerakan Pramuka adalah gerakan yang strategis untuk mendidik generasi bangsa dalam menghadapi masa depan. Pelaksanaan KMD ini, menurutnya, adalah untuk mendukung gerakan tersebut.

Kelanjutan dari Kursus ini adalah kewajiban berkoordinasi dengan Kwarda dan Kwarcab untuk pengembangan kegiatan pendidikan karakter melalui SAKA WBB. Dengan fungsi dan perannya sebagai tempat belajar dan berlatih anggota Pramuka yang menarik dan mendidik, ujar Kak Harris, di Cibubur Jakarta Timur, Senin (3/4).

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP, Kak Ridjal J. Kotta. Kursus Mahir Dasar, menurutnya, menjadi wahana untuk melahirkan pembina yang benar-benar memahami cara mendidik Pramuka.

Banyak yang terjadi salah paham dalam berita itu karena tidak semua orang tahu tentang pendidikan kepramukaan. KMD ini memberi syarat bagaimana seorang pembina itu melatih secara baik dan benar, berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan kepramukaan, ucap Kak Ridjal, di lokasi, Senin (3/4).

Kwarnas berterima kasih. Karena semakin banyak satuan karya semakin lebar pula pengetahuan orang tentang pendidikan kepramukaan, tambahnya.

Hadir juga dalam upacara pembukaan Kapusdiklatnas Gerakan Pramuka Kak Suyatno, Direktur Jenderal Kebudayaan yang juga Wakil Pimpinan SAKA Widya Budaya Bakti Kak Hilman Farid, Sekretaris SAKA Widya Budaya Bakti Kak Nono Adyatmo, para pengurus SAKA Widya Budaya Bakti, para pengurus Pusdiklatnas, dan 12 orang pelatih KMD.

Sebagai informasi, SAKA Widya Budaya Bakti adalah Satuan Karya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. SAKA Widya Budaya Bakti saat ini mempunyai 7 Krida, yaitu Krida Pendidikan Masyarakat, Anak Usia Dini, Pendidikan Kecakapan Hidup, Bina Nilai Budaya, Bina Sejarah, Bina Seni dan Film, serta Bina Cagar Budaya dan Museum. (MSA/ Tim Siber Pramuka).(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar