Rabu, 05 April 2017

Sestama Bakamla RI Hadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Laut di Kawasan Lego Jangkar wilayah Kepri

Sestama Bakamla RI Hadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Laut di Kawasan Lego Jangkar wilayah Kepri

Sestama Bakamla RI Laksda TNI Agus Setiadji, S.AP. menghadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Pengamanan Laut Pulau Nipa dan Pulau Tolop yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, di Ruang Rapat Kemenko Bidang Kemaritiman Lt. 2 Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Rapat yang diselenggarakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman RI ini mengangkat dua agenda pokok untuk pembahasan bersama. Agenda pertama yaitu laporan Satgas tentang pengelolaan dan pengamanan laut di kawasan lego jangkar, khususnya Pulau Nipah di Selat Phillips dan Pulau Tolop di Selat Singapura, sedangkan agenda kedua yaitu tentang laporan pengamanan laut di Laut Cina Selatan.

Mengingat banyaknya kapal yang lego jangkar di Perairan Batam hingga mencapai lebih dari 200.000 kapal kargo dan tanker tiap tahun, demikian pula dengan potensi kelautan yang dimiliki Kepri, sehingga membutuhkan pengelolaan yang terkoordinir dengan baik agar negara dapat memperoleh kontribusi maksimal dari kapal-kapal atas pemanfaatan ruang laut atau jasa labuh jangkar.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur, Deputi IV Hanneg Kemenkopolhukam Laksda H Sipahutar, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Franky Sompie, Asops Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi Laksda TNI Drs. Ir. Harjo Susmoro, S.H., M.H., Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan sejumlah perwakilan dari berbagai kementerian dan lembaga antara lain Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, BPPT, BPKP, BP Batam, dan Pelindo.(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar