Rabu, 05 April 2017

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KOLINLAMIL LATIH KEMAMPUAN BELADIRI KARATE

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KOLINLAMIL LATIH KEMAMPUAN BELADIRI KARATE

Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme prajurit Kolinlamil yang tangguh dan siap melaksanakan tugas, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memberikan pelatihan beladiri Karate kepada jajarannya.

Kolinlamil memilih olahraga beladiri “Karate” untuk jajarannya, karena olahraga Karate ini salah satu jenis olahraga yang membutuhkan keahlian dan ketenangan serta bagi orang perorang dapat bermanfaat untuk melindungi diri sendiri. Dan ini juga telah menjadi instruksi dari pemimpin TNI Angkatan Laut agar olahraga beladiri Karate menjadi salah satu jenis olahraga yang dikembangkan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut.

Selain itu, olahraga Karate ini adalah sebuah olahraga prestasi dan mengandung nilai kejuangan, kehormatan, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, sportivitas dan percaya pada kekuatan sendiri. Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi dengan keprajuritan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembinaan jasmani prajurit.

Karate dikembangkan di lingkungan prajurit karena memiliki falsafah hidup yang cocok dengan nilai-nilai pada kesatuan prajurit. Falsafah karate diantaranya adalah kejujuran (Gi), keberanian (Yuu), sopan santun (Rei), berjiwa positif (Seishin) dan memiliki semangat tinggi (Seiki). Selain itu, dengan berlatih karate dapat meningkatkan kemampuan fisik dan mental yang berguna untuk membela negara.

Dilihat dari sejarahnya, beladiri ini asalnya negeri Sakura dan terus berkembang dibeberapa negara termasuk di Indonesia telah cukup populer. Beladiri ini mendapatkan pengaruh dari beladiri asal Cina yang bernama Kempo. Karate pada awalnya disebut dengan nama “Tote” atau “Tangan Cina”. Kemudian karena masyarakat Jepang pada saat itu memiliki rasa nasionalis yang tinggi, nama Tote lalu diubah menjadi “Karate” (tangan kosong) agar mudah diterima oleh masyarakat Jepang.

Olahraga Karate ini di Kolinlamil merupakan yang pertama kalinya dan akan dilaksanakan pengukuhannya pada Jumat (7/4) mendatang bertempat di Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil), Tanjung Priok Jakarta Utara.

Olahraga Karate ini, Kolinlamil melatihkannya kepada seluruh prajuritnya baik perwira, bintara dan tamtama serta PNS (pria dan wanita). Waktu pelatihan rutin dilaksanakan setiap jam olahraga hari selasa dan Jumat secara rutin dan juga diwaktu-waktu tertentu sesuai kebutuhan.

Dengan demikian nantinya Kolinlamil memiliki dua cabang olahraga, yaitu olahraga air (Dayung) dan olehraga Karate.(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar