Jumat, 14 April 2017

TNI AL JALIN KERJASAMA DENGAN BANK INDONESIA

TNI AL JALIN KERJASAMA DENGAN BANK INDONESIA


Dalam rangka penggunaan sarana milik Angkatan Laut guna pendistribusian dan pengamanan terhadap mata uang rupiah ke wilayah perbatasan dan daerah terpencil, TNI Angkatan Laut melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan pihak Bank Indonesia (BI) di atas KRI Raden Eddy Martadinata - 331, yang sandar di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara.

Acara diawali dengan penandatanganan naskah nota kesepahaman antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dengan pihak BI yang diwakili oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini diwakili oleh Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E., dengan pihak BI yang diwakili Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan uang BI Suhaidi.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung distribusi, pengawalan dan pengamanan pengiriman mata uang rupiah dari BI menggunakan kapal milik TNI Angkatan Laut untuk didistribusikan ke daerah terpencil dan pulau terluar guna mendukung aktifitas peningkatan ekonomi di daerah.

Dalam kesempatan tersebut Kasal menyampaikan bahwa BI merupakan Bank Sentral yang memiliki kewenangan dan tugas untuk menjamin ketersediaan uang rupiah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu BI akan melaksanakan kegiatan pendistribusian uang rupiah menuju wilayah-wilayah terpencil yang sulit dijangkau yang bermuara pada peningkatan dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, kondisi geografis Indonesia merupakan kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, sehingga memerlukan peran TNI Angkatan Laut yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menjangkau sampai dengan pulau-pulau terluar, tambah Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengatakan, TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk mendukung kegiatan pendistribusian mata uang rupiah oleh Bank Indonesia ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan melaksanakan acara penandatanganan nota kesepahaman di atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 untuk pertama kalinya.

Turut hadir dalam undangan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut A. Taufiq R., Irjenal, Koorsahli Kasal, Para Asisten Kasal, para Kadis terkait di lingkungan Mabesal, para Panglima Kotama Angkatan Laut, Asisten Gubernur BI Dyah Nastiti K Makhijani serta pejabat terkait di lingkungan Bank Indonesia.(Nk).

0 komentar:

Posting Komentar