Senin, 22 Mei 2017

Kasarmabar Memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 Tahun 2017

Kasarmabar Memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 Tahun 2017

Jakarta, 22 Mei 2017
Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 Tahun 2017 di Lapangan Arafuru, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67, Jakarta Pusat, Senin (22/5).

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informastika RI (Menkominfo RI) Rudiantara yang dibacakan Kasarmabar mengatakan, semangat Kebangkitan Nasional tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa kita hari demi hari, padahal semangat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.

Lebih lanjut disampaikan, betapa tidak mudahnya para pendahulu merajut angan ke-Indonesiaan saat itu, ketika infrastruktur transportasi dan komunikasi masih terbatas, ketikasumber daya insani yang teguh dengan pemikiran ke-Indonesiaan masih banyak dihitung dengan jari, ketika acuan untuk memperkokoh dasar dasar kesamaan suku bangsa dan adat masih belum mengakar kuat, ketika semuanya itu berada dalam konteks ketakukatan akan kekejaman kolonialis yang siaga memberangus setiap pemikiran yang memantik hasrat lepas dari belenggu penjajah.

Dikatakan pula bahwa, Presiden Joko Widodo pada awal tahun ini telah mencanangkan penekanan khusus pada aspek pemerataan dalam semua bidang pembangunan. Bukan berarti sebelumnya kita abai terhadap aspek ini, malahan sejak awal dalam program nawacita aspek pemerataan mendapat porsi perhatian yang sangat tinggi, ujarnya.

Berlatar belakang pemikiran tersebut maka peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2017 ini mengangkat tema, Pemerataan Pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud Kebangkitan Nasional. Semangat Kebangkitan yang tidak pernah memudar, namun justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa. Padahal semngat itu sudah tercetus setidaknya 109 tahun yang lalu, ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo, namun sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati serak kita sebagai Bangsa.

Upacara  peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tahun 2017  tersebut, dihadiri para Pejabat Utama Koarmabar serta diikuti oleh seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mako Koarmabar.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar