Selasa, 02 Mei 2017

PASIS SUSJEMENSTRA TNI AL USAI IKUTI LATRENSTRA

PASIS SUSJEMENSTRA TNI AL USAI IKUTI LATRENSTRA

Setelah melewati tahap demi tahap pelaksanaan Latihan perencanaan strategis (Latrenstra) Pertahanan Negara (Hanneg) TNI AL yang dilaksanakan oleh Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-12 TP 2017 akhirnya usai dilaksanakan dan ditutup secara resmi oleh Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI TSNB. Hutabarat, M.MS., mewakili Danseskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M, di Kampus Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jum’at (02/05). Acara penutupan ditandai dengan penglepasan secara simbolis tanda peserta latihan oleh Wadan Seskoal.

Danseskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS menyampaikan, bahwa pada Latrenstra yang berlangsung mulai 25 April hingga 2 Mei 2017 ini,  para Perwira Siswa secara khusus telah mendapat kesempatan untuk melatih diri memahami mekanisme sistem perencanaan pembangunan pertahanan negara yang merupakan bagian dari sistem perencanaan pembangunan nasional.

Kegiatan Latrenstra Hanneg TNI AL kali ini, tidak hanya pada lingkup proses perencanaan tahunan, namun juga sampai pada perencanaan jangka menengah. Hal penting yang perlu digarisbawahi adalah terjalinnya sinkronisasi antara kegiatan perencanaan yang dilaksanakan pada level bawah dengan kegiatan perencanaan yang dilaksanakan pada level atas, khususnya yang berhubungan dengan ketersediaan sumber daya dan dukungan anggaran negara dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan Hanneg Matra Laut.

Pelajaran penting lainnya menurut Pejabat nomor satu di jajaran Seskoal ini adalah bahwasanya proses penyusunan dokumen dapat dilaksanakan secara paralel tanpa harus menunggu selesainya dokumen level atas, dokumen level berikutnya dapat mulai disusun segera setelah dokumen level atas disahkan. Dalam prosesnya, dokumen yang bersangkutan perlu disesuaikan apabila terjadi perubahan pada dokumen level atas.

Dengan usainya latihan ini Pasis diharapkan tidak hanya dapat mengerti dan memahami rangkaian proses perencanaan pembangunan pertahanan negara, khususnya di lingkungan TNI AL, namun juga dapat menjadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk berinteraksi guna mewujudkan kerja sama yang semakin harmonis, pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Lembaga Seskoal Kolonel Laut (S) Imam Suprayitno, S.E., M.Tr (Han)., Kadepjemen Seskoal Kolonel Laut (E) Ir. Nanang Pambudi, M.T. selaku Direktur Latihan, para pejabat utama Seskoal serta Perwira Penuntun dan Dosen Seskoal.(Nk)


0 komentar:

Posting Komentar