Senin, 15 Mei 2017

KOLINLAMIL GERAR BERSIH DANAU SUNTER JELANG HUT KE 56 

Komando Lintas Laut Militer yang disingkat Kolinlamil adalah Komando Utama Pembinaan dan Operasional. Dalam bidang pembinaan Kolinlamil berkedudukan langsung di bawah Kasal, sedangkan dalam bidang operasional berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI. Kolinlamil mempunyai tugas pokok membina kemampuan sistem Angkutan Laut Militer Anglamil, membina potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara, melaksanakan angkutan laut TNI dan Polri yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis serta melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

Dalam menyongsong hari jadi Kolinlamil yang ke 56 tepatnya pada tanggal 1 Juli 2017 dan upacara parade dilaksanakan tanggal 10 Juli 2017 yang akan datang Kolinlamil menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan baik diintemal Kolinlamil maupun kegiatan yang melibatkan masyarakat umum, instansi pemerintah, lembaga pendidikan (pelajar mulai dari tingkat PAUD hingga mahasiswa), juga unsur-unsur maritim khususnya di wilayah Jakarta Utara, akan diundang untuk berpartisipasi meramaikan rangkaian kegiatan tersebut hingga pelaksanaan KOD (Kolinlamil Open Day) pada tanggal 23 Juli 2017 mendatang.

Sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada HUT ke 56 Kolinlamil tahun 2017 yaitu; Program kali bersih/Pembersihan danau sunter, Lomba olahraga dayung antar intansi dan klub, Lomba melukis di lingkungan pelajar yang bertemakan kebaharian, Lomba cerdas cermat diantara kedinasan dan unsur di lingkungan Kolinlamil, Lomba Tamtama telada di lingkungan Kolinlamil, pengobatan gratis, donor darah kerja sama dengan PMI Jakarta Utara, Penanam pohon di pantai Jakarta Utara, Lomba band akusti,

Tujuan dari pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut adalah dalam rangka mengenalkan dan mensosialisasikan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) kepada  masyarakat agar lebih dekat dengan rakyat sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat dari dekat kapal-kapal perang jenis angkut personel, logistik,  dan angkut tank yang dimiliki TNI Angkatan Laut di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer.

HUT ke 56 Komando Lintas Laut Militer mengangkat tema “DENGAN SEMANGAT WORD CLASS NAW KOLINLAMIL SIAP MENUMBUHKAN JIWA KEBAHARIAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARlTlM DUNIA”.

Mengawali rangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT ke 56 Komando Lintas Laut Militer dimulai dengan pelaksanaan pembersihan kali sunter sebagai bagian dari kepedulian Kolinlamil dalam mendukung pemerintah dan masyarakat serta untuk kepentingan kita semua dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Kenapa dipilih lokasi danau sunter, karena kita ketahui bersama bahwa danau sunter ini adalah sebuah wadah Kanalisasi/waduk yang telah dibangun pemerintah di wilavnh Jakarta Utara untuk menampung debet air agar ancaman banjir di wilayah Jakarta  Utara dapat teratasi. Selain itu. lokasi danau suter ini nanti nya akan dimanfaati oleh Atlet dayung Kolinlamil dan Pemda DKI sebagai tempat berlatih.

Terkait dengan pemanfaatan danau sunter ini, Kolinlamil telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah muali dari ijin walikota Jakarta Utara hingga ke Diprora DKI untuk memanfaatkan danau ini secara bersama-sama dalam membina kemampuan dan prestasi atlet dayung baik yang dimiliki TNI Angkatan Laut di bawah pembinaan Kolinlamil maupun atlet dayung Pemda DKI.

Danau sunter yang dibangun oleh pemerintah daerah sejak tahun 70-an berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah Jakarta Utara. Dan belakangan ini telah dilakukan pembenahan-pembenahan oleh pemerintah daerah.

Danau sunter ada dual lokasi yaitu Danau sunter 1 yang berukuran kecil dan danau sunter 2 yang berukuran besar.

Danau sunter 2 yang berukuran lebih luas telah sering dimanfaatkan untuk tempat latihan olahraga perairan bahkan di event tertentu sebagai tempat lomba olahraga air seperti dayung dan sky air yang bukan hanya bertaraf nasional bahkan internasional. Dan juga oleh masyarakat telah menjadikan danau ini sebagai tempat wisata altematif.

Sementara Danau Sunter yang ukuran kecil, saat ini atas ijin dari Pemenrintah daerah akan digunakan oleh Kolinlamil/INI AL untuk tempat belatih Atlet Dayung.

Saat ini kondisi disekitar danau sunter telah menjadi incaran masyarakat pemilik modal karena tempatnya sangat strategis, hal ini dibuktikan dengan dipenuhinya pemukiman masyarakat, pertokoan dan bangunan-bangunan besar.

Dengan digunakannya Danau sunter ini sebagai tempat latihan TNI ALIKolinlamiI selaku koordinator Atlet Dayung TNI AngkatanLaut, maka disamping dapat meningkatkan prestasi atlet dajung juga danau sunter ini akan dapat terpelihara kebersihannya dengan  baik.

Selama berlatih di lokasi ini Atlet dayung Kolinlamil telah menorehkan berbagai prestasi dibeberapa event lomba dayung. Baik yang bertaraf nasional maupun  internasional.

Tim dayung Kolinlamil terakhir mengikuti lomba dayung pada HUT Koya Bekasi dengan prestasi 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Dan saat ini akan mengikuti lomba dayung di bali pada tanggal 18 s.d 21 Mei ini.

Tim dayung kolinlamil selain membawa nama club/tim Kolinlamil/TNI AL dalam even kejuaraan dayung. Para atlet dayung dari Kolinlamil sering dipinjam oleh nama beberapa daerah untuk mengikuti event kejuaraan.

Hari ini danau sunter ini akan diresmikan sebagai tempat pusat latihan olahraga air Kolinlamil (TNI AL) dan Pemprov DKI. Pemanfaat danau ini sebagai tempat latihan atas ijin dari Pemerintah provinsi DKI.

Selain melaksanakan latihan di tempat ini beberapa altet dayung tinggal disini membantu Pemda dalam mengaja keamanan inventaris yang tersimpan digedung ini.(Nrl).





0 komentar:

Posting Komentar