Senin, 22 Mei 2017

TNI AL DAN KKP GELAR FESTIVAL GEMARIKAN 2017

TNI AL DAN KKP GELAR FESTIVAL GEMARIKAN 2017

Guna mendukung pencapaian konsumsi protein hewani khususnya ikan, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Potensi Maritim (Dispotmar)  menyelenggarakan kegiatan Festival Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) TNI AL 2017, dimana pelaksanaannya bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Senin, (22/05), di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara. Dalam kesempatan tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti serta Kasal yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R., hadir sekaligus memimpin pelaksanaan acara tersebut.

Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Ibu Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa, kita harus mulai dari sekarang untuk makan ikan lebih banyak lagi, anak Indonesia harus memiliki asupan protein yang baik untuk membantu pertumbuhan kecerdasannya, karena ikan banyak mengandung omega yang menjadi unsur penting untuk kecerdasan otak.

Ikan akan menjadi sumber daya yang diperebutkan  diberbagai negara, badan-badan Internasional sudah mulai memberi peringatan pada kita bahwa suatu saat akan makin krusial kebutuhan dari pada kecukupan protein dari laut ini, karena demand makin hari makin tinggi. Gemar makan ikan kita kampanyekan, akan membuat anak-anak kita lebih pandai , tegas Ibu Susi.

Pada pelaksanaan Festival yang mengangkat tema, Makan Ikan ,Kita Sehat,Kita Kuat dan Cerdas, dilaksanakan lomba masak berbahan dasar Ikan yang diikuti oleh Prajurit TNI AL, Juru Masak KRI, Juru Masak Satuan Kotama di Jakarta, Juru Masak perwakilan Jalasenastri, Juru Masak perwakilan Pramuka dan Juru Masak perwakilan Maritim.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilaksanakan ekspo hasil pengolahan berbasis Ikan, serta melaksanakan pembekalan tentang pentingnya makan ikan kepada masyarakat yang disampaikan oleh Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), serta perwakilan dari KKP RI. Kegiatan yang digelar untuk menumbuhkan minat dan kesadaran masyarakat terhadap komoditi ikan laut ini, diikuti oleh kurang lebih 1200 orang yang terdiri dari Prajurit TNI, anggota Jalasenastri TNI AL, Pramuka, serta generasi muda perwakilan dari berbagai daerah.

Dengan diselenggarakannya Festival Gemarikan diharapkan dapat membuka pandangan masyarakat terhadap komoditas ikan, bahwa ikan merupakan sumber makanan yang bergizi tinggi. Ikan sebagai pangan sumber protein diharapkan dapat lebih berperan dalam perbaikan gizi masyarakat, mengingat ikan memiliki konstribusi yang relatif besar (57%) terhadap protein hewani. Dan diharapkan lahir inovasi pengolahan hasil laut yang menarik, enak, mudah dan murah sehingga minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil laut semakin meningkat.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar