Jumat, 07 Juli 2017

Belanja Masalah Laut di Zona Timur, Bakamla RI Gelar Forkor Kamla Ke-3

Belanja Masalah Laut di Zona Timur, Bakamla RI Gelar Forkor Kamla Ke-3


Kupang, 7 Juli 2017 (Humas Bakamla RI) --- Dalam rangka belanja permasalahan di laut, Direktorat Kebijakan Bakamla RI menyelenggarakan Forum Koordinasi Keamanan dan Keselamatan di Laut ke-3 Tahun 2017. Acara dibuka oleh Direktur Kebijakan Bakamla RI Sucipto, S.H., M.Hum, di Hotel On The Rock, Kupang, Prov. Nusa Tenggara Timur, Kamis (6/7/2017).

Melalui kegiatan ini berbagai permasalahan di laut, khususnya di Zona Kamla Timur dapat diketahui oleh seluruh instansi terkait sekaligus untuk mengumpulkan berbagai masukan dari para pengguna laut sehingga dapat terbentuk kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak pemerintah dan masyarakat demi terciptanya keamanan dan keselamatan laut. Dengan adanya forum ini tersedia satu wadah untuk menyampaikan informasi tentang tindak pidana di laut seperti pencemaran di laut, illegal fishing, illegal logging, illegal minning, dan lain sebagainya. 

Menurut Kasubdit Harmonisasi Kebijakan Bakamla RI Rachmi Mahmud, S.H., selaku Ketua panitia kegiatan, beberapa sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini yaitu, terciptanya sinergitas dengan para stakeholder dan instansi terkait, terciptanya sarana komunikasi dan koordinasi antara stakeholder, pemda setempat dan instansi terkait guna mencari atau menemukan langkah-langkah terbaik untuk meminimalisir hambatan atau kendala keamanan laut.

Lebih lanjut dijelaskan pula dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan dalam forum, bahwa diharapkan melalui kegiatan ini dapat terwujud kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi pemerintahan di laut melalui jalinan sinergi. Selain itu hasil rakor diharapkan dapat menjadi masukan dalam penyusunan kebijakan umum di bidang keamanan dan keselamatan laut. Terakhir yaitu terciptanya kondisi laut yang aman dan bebas dari ancaman dan gangguan di wilayah NKRI.

Acara yang mengangkat tema “Sinergitas Antar Instansi Terkait Dalam Rangka Mengharmonisasikan Permasalahan Keamanan dan Keselamatan di Laut” ini menghadirkan tiga nara sumber yaitu Direktur Operasi Udara Bakamla RI Marsma TNI Demitrius Widiantoro, M.BA., Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Vetty Viona, S.H., M.Si., dan Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Dirjen PSDKP Goenaryo. Selaku moderator yaitu Dekan Universitas Nusa Cendana Dr. Ir. Marcelin Dj Ratoe Oedjoe, M.Si.

0 komentar:

Posting Komentar