Kamis, 06 Juli 2017

e-book Literasi Keuangan Bantu Siswa Pahami Pengelolaan Keuangan

OJK LUNCURKAN BUKU LITERASI KEUANGAN UNTUK SMA VERSI ELEKTRONIK SERTA BUKU LITERASI KEUANGAN BAGI PROFESIONAL DAN PENSIUNAN 

Jakarta, 6 Juli 2017
Otoritas Jasa Keuangan terus mengembangkan program literasi keuangan ke berbagai kalangan dengan memperbarui materi buku líterasi keuangan tingkat SMA melalui versi elektronik dan menerbitkan buku literasi keuangan untuk segmen profesional dan pensiunan.

OJK akan torus berupaya menyediakan materi literasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan berbagai lapisan masyarakat agar dapat membentuk masyarakat yang cerdas keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Angguta Dewan Kumisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S saat peluncuran buku tersebut di Jakarta.

Buku Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan, tingkat SMA (kelas X) sebelumnya telah dlterbitkan pada tahun 2014, dan sejak bulan Juni 2016 Menterí Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menetapkan materi mengenal lembaga jasa keuangan sebagai bagian dari kompetensi inti dan kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA.

Sebagai materi wajib dalam K 13, buku tersebut perlu dimiliki oleh seluruh siswa tingkat SMA, sehingga untuk meringankan biaya pencetakan dan distribusinya, OJK berinisiatif membuat buku versi elektronik atau e book sehingga bisa lebih mudah dan murah mengakses dan mendapatkan materi buku tersebut.

Cakupan materi dalam buku tersebut antara lain adalah pengenalan OJK, Perbankan, Pasar Modal dan Industri Keuangan Non Bank (termasuk Perasuransian, Lembaga Pembiayaan, Dana Pensiun, dan Pergadaian.

Adapun dalam edisi terbaru tahun 2017 telah ditambahkan dengan materi perpajakan sebagai wujud kerjasama OJK dengan Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI.

Versi e-Book ini didesain secara apik dengan konsep audio visual yang memiliku fungsi audio, video, dan gambar animasi yang mendukung konten buku serta disesuaikan dengan tema pada masing-masing buku, sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik dari versi cetaknya, kata Kusumaningtuti.

Selain menarik dan ramah lingkungan karena tidak perlu biaya cetak, pemanfaatan versi e Book ini juga sangat praktis dan mudah dibawa, karena dapat langsung diakses dan disimpan pada PC, notebook, smartphone, tablet, maupun perangkat elektronik lainnya.

Upaya ini merupakan upaya OJK dalam mengikuti perkembangan informasi teknologi yang begitu pesat di Indonesia.

Selain upaya peningkatan literasi pada jenjang edukasi formal, OJK bersama dengan industri keuangan juga berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui penyediaan materi literasi keuangan berupa buku yang kontennya lebih bersifat umum, paparnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar