Rabu, 05 Juli 2017

Pangkostrad Berikan Ceramah Pembekalan Kepada Capaja Akmil 2017

Pangkostrad Berikan Ceramah Pembekalan Kepada Capaja Akmil 2017


Penkostrad. Rabu,5 Juli 2017
Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi memberikan pembekalan kepada 224 orang Taruna dan Taruni Akmil tingkat IV (Capaja) di Gedung Soemartal Akademi Militer (Akmil), Magelang, Selasa (4/7/2017).

Pada acara yang dihadiri oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe PB, para Pejabat Distribusi Akmil dan para Pengasuh Taruna Akmil tersebut, Pangkostrad memberikan materi tentang Kepemimpinan Lapangan Serta Tugas Dan Fungsi Kostrad. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan bekal kepada Taruna dan Taruni yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Perwira TNI AD.

Dalam pembekalannya, Pangkostrad menyampaikan bahwa kepemimpinan adalah seni mempengaruhi orang lain untuk berbuat sesuatu guna mencapai tujuan bersama. Pemimpinlah yang menyatukan banyak orang untuk mencapai satu tujuan, dimana seorang pemimpin sebagai figur penggerak, pendorong, motivator dan menjadi spirit bagi kelompok.

Kunci kesuksesan seorang pemimpin lapangan adalah setia, tegas Pangkostrad.

Lebih lanjut dikatakan Pangkostrad bahwa pemimpin lapangan harus mempunyai kasih saying, bisa menjadi contoh tauladan dan tidak mengenal menyerah (jiwa juang), hadir tepat pada waktunya, esprit de corps (jiwa korsa) serta rela berkorban.

Pada kesempatan itu, Pangkostrad juga menjelaskan tentang tugas pokok Kostrad yakni melaksanakan pembinaan kesiapan penyelenggaraan operasional pertahanan tingkat strategis. Sedangkan untuk Fungsi utama Kostrad yaitu harus siap digerakkan dengan kemampuan dan mobilitas tinggi ke seluruh penjuru tanah air dalam rangka menghadapi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Kemudian Pangkostrad berpesan kepada para Capaja bahwa menjadi seorang Perwira dalam mengambil keputusan harus senantiasa mengutamakan inteligensi, ilmu pengetahuan baru kemudian dengan tindakan atau power. Jangan berlindung dibalik nama besar satuan tapi besarkan satuan dengan kerja keras dan karya Calon Perwira Remaja.

Sebagai informasi bahwa ceramah pembekalan kepada para Capaja (Taruna dan Taruni) Tingkat IV Akmil, dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 4 s.d 7 Juli 2017. Para penceramah yang akan memberikan pembekalan tersebut diantaranya yaitu Asops Kasad Mayor Jenderal TNI Sudirman. S.H., M.H., M.M., Aslog Kasad Mayor Jenderal TNI Irwan, S.IP., M.Hum., Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayor Jenderal TNI Madsuni, Waaster Kasad Bigadir Jenderal TNI Budi Sulistijono, Asrena Kasad Mayor Jenderal TNI Dominicus Agus Riyanto, Aspers Kasad Mayor Jenderal TNI Subiyanto, Aspam Kasad Bigadir Jenderal TNI Ilyas Alamsyah, Komandan Pusat Penerbang Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto, Inspektorat Jenderal TNI AD (Irjenad) Mayor Jenderal TNI Johny Lumban Tobing.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar