Senin, 10 Juli 2017

TNI AL BERSAMA UNIVERSITAS INDONESIA LAKSANAKAN KURSUS HUKUM PERTANAHAN

TNI AL BERSAMA UNIVERSITAS INDONESIA LAKSANAKAN KURSUS HUKUM PERTANAHAN


Jakarta, 10 Juli 2017
TNI AL bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Lanjutan Ilmu Hukum (The Center For Continuing Legal Education) Fakultas Hukum Universitas Indonesia  dipertengahan tahun ini kembali melaksanakan kursus tentang Hukum Pertanahan TNI AL TA 2017,  yang dilaksanakan mulai 10 sampai dengan 21 Juli 2017 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok Jawa Barat. Kursus dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc. Kursus ini digelar sebagai bentuk tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Indonesia dengan TNI Angkatan Laut dalam hal pendidikan peningkatan kualitas sumber daya manusia  dan diikuti 25 orang perwakilan dari Mabesal, Koarmabar, Puspenerbal, Kormar,  Lantamal III, IV, VI, VII, VIII, IX dan XIII, Lanal Palu, Lanal Tanjungbalai Karimun, Lanal Sabang, Pasmar I serta Pasmar II.

Dalam sambutannya Kadisdikal mengatakan bahwa Kursus Hukum Pertanahan TNI Angkatan Laut ini merupakan salah satu program TNI AL dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel TNI AL dalam bidang hukum, agar lebih terampil dan mahir dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang hukum khususnya dalam menangani permasalahan yang berkaitan dengan aset tanah TNI AL. Saat ini TNI AL dihadapkan oleh dinamika perkembangan penataan segala aspek BMN terutama tanah dan bangunan termasuk adanya klaim/gugatan oleh pihak lain terhadap aset BMN TNI AL ujarnya.

Sementara sasaran dari pelaksanaan Kursus Hukum Pertanahan TNI Angkatan Laut TA 2017 ini antara lain adalah terwujudnya peningkatan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam menangani masalah tanah, khususnya bidang Hukum Pertanahan, selain itu terlaksananya pemberian pengetahuan dan pemahaman di bidang Hukum Pertanahan, sehingga mampu menangani dan melaksanakan proses hukum berkaitan dengan aset TNI AL baik berupa tanah maupun bangunan serta terlaksananya pemberian pengetahuan tentang proses pensertifikatan tanah dan koordinasi antara TNI AL dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sehingga mempermudah TNI AL dalam penanganan permasalahan tanah dan aset bangunan.

Kursus Hukum Pertanahan ini menghadirkan pula sejumlah narasumber para dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia seperti Dr. Suparjo Sujadi, S.H., M.H., Hendriani Parwitasari, S.H., M.H., Marliessa Qadariani, S.H., M.H., dan Sri Laksmi Anindita, S.H., M.H., serta Tim Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu RI yang dipimpin oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara Dr. Indra Surya, S.H., LL.M.

Hadir pada pembukaan Kursus Hukum Pertanahan TNI Angkatan Laut TA 2017 diantaranya Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Dr. Topo Santoso, S.H., M.H., Ph.D Ketua Lembaga Pendidikan Lanjutan Ilmu Hukum Universitas Indonesia (The Center For Continuing Legal Education) Junaedi, S.H, M.Si., LL.M., Sekretaris Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Sekdiskumal) Kolonel Laut (KH) Kresno Buntoro, S.H., LL.M. Ph.D., perwakilan Slogal Mabesal, perwakilan Pusdiklat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dan tamu undangan lainnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar