Sabtu, 26 Agustus 2017

Bakamla RI dan Australian Border Force Kolaborasi di Udara

Bulan Agustus 2017 merupakan bulan yang bersejarah bagi Bakamla RI. Karena operasi udara maritim untuk pertama kalinya sukses diselenggarakan bersama Australian Border Force (ABF) dalam Patroli Terkoordinasi (Patkor) Shearwater IV.

Target Operasi Udara Maritim Bhuana Nusantara IV Tahun 2017 yang masih dalam kesatuan Patkor Shearwater IV, yaitu melaksanakan patroli pemantauan udara maritim di wilayah timur perairan Indonesia. Dalam pelaksanaannya operasi ini bertugas melakukan pendeteksian, pengenalan dan pengintaian terhadap kapal-kapal yang dicurigai melaksanakan tindak pelanggaran di laut, serta memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan (SAR).

Selain itu Operasi Udara Maritim Bhuana Nusantara IV yang dikomandani oleh Kolonel PNB Joko Triwibowo selaku Supervisor Operasi Bhuana Nusantara IV mendukung pelaksanaan kegiatan Operasi Sheawater IV yang saat ini dilaksanakan di wilayah perairan perbatasan Indonesia – Australia.

Menurut Kolonel Joko, patroli bersama yang menggunakan pesawat Twin Otter Bakamla RI dan pesawat ABF bertujuan untuk menjaga secara bersama-sama keamanan di perbatasan kedua negara, khususnya di wilayah timur. Fokus tindakan menyimpang di laut yang menjadi perhatian seperti illegal fishing, people smugling, marine pollution, penyelundupan barang terlarang, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar