Jumat, 18 Agustus 2017

Bakamla RI Kampanyekan Gerakan Anti Sampah di Sebatik

Dengan berlatar belakang kapal Bakamla RI KN 4804 Gajah Laut, Kasubdit Kerja Sama Penelitian dan Pengembangan Bakamla RI Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. mengedukasi para pelajar di lingkungan Sebatik tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan laut melalui sosialisasi dan kampanye anti sampah, di Dermaga Sai Pancang, Sebatik, Kamis (17/8/2017).

Dibawah teriknya matahari, Eli menyampaikan overview singkat tentang Bakamla RI. Para pelajar yang hadir memperhatikan dengan seksama ketika diperkenalkan tentang instansi maritim yang bergerak di bidang penyelenggaraan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia tersebut. Antara lain dijelaskan tentang tugas, fungsi, personel, dan organisasi Bakamla RI.

Menurut Eli, selain tugas patroli, Bakamla RI juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan laut dari pelanggaran berupa pencemaran atau polusi laut. Sekilas disampaikannya pula dampak sampah di laut bagi kehidupan manusia dan biota laut. Oleh karenanya, dalam suasana peringatan kemerdekaan Indonesia ke-72 ini menjadi momen yang tepat untuk menggugah kesadaran dan memberikan pemahaman kepada generasi muda penerus bangsa agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai wujud nyata dari kampanye anti sampah, saat itu juga Eli mengajak para pelajar untuk memungut sampah disekitar dermaga.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan openship KN Gajah Laut. Komandan Kapal Mayor (P) Bambang Arif Hermawan menyambut dan memberikan pengenalan tentang kapal kepada para pejabat dan pelajar setempat yang datang berkunjung, antara lain Dirjen PPMKD Kemendesa didampingi jajarannya, pejabat dari BNN Sebatik, pejabat Pemprov Kalimantan Utara, Siswa dan siswi SMA 1 Sebatik, dan PMR Sebatik yang merupakan gabungan seluruh pelajar di Sebatik. (Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar