Kamis, 10 Agustus 2017

DANLANUDAL JUANDA BANGKITKAN RASA NASIONALISME DI ATAS PERAHU NELAYAN

DANLANUDAL JUANDA BANGKITKAN RASA NASIONALISME DI ATAS PERAHU NELAYAN

Jakarta, 10 Agustus 2017, Dalam rangka peringatan HUT Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda ke-53 sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72, dibawah komando Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, telah dilaksanakan pembagian ratusan bendera Merah Putih dan bendera hias kepada seluruh masyarakat nelayan di pesisir wilayah teritorial Lanudal Juanda, tepatnya di Desa Gisik Cemandi. Kegiatan ini dilaksanakan di dermaga TPI Gisik Cemandi, Sidoarjo, Kamis (10/08/2017). Hal ini merupakan salah satu program dari Lanudal Juanda sebagai implementasi pembinaan desa pesisir (Bindesir) Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Program ini merupakan gagasan dari Komandan Lanudal Juanda yang prihatin melihat kondisi masyarakat maritim khususnya para nelayan di sekitar wilayah Lanudal Juanda dimana kondisi bendera yang terpasang di perahu para nelayan dalam keadaan pudar warnanya bahkan sudah tidak utuh bentuknya. Maka dengan momen pembagian dan pemasangan bendera Merah Putih di perahu para nelayan ini, diharapkan para nelayan memiliki kebanggaan yang tinggi sebagai warga negara Indonesia dan terjaga rasa cinta tanah air serta nasionalismenya. Dengan momen ini, Komandan Lanudal Juanda juga berharap agar para nelayan merasa lebih dekat dan memiliki ikatan batin yang lebih erat dengan aparat TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanudal Juanda.

Acara pokok dimulai dengan pembagian Bendera Merah Putih secara simbolis kepada perwakilan nelayan, dilanjutkan dengan Temu Wicara antara Komandan Lanudal Juanda dengan para nelayan. Pada kesempatan tersebut Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana menyampaikan akan menindaklanjuti dan membantu mencarikan solusi terhadap segala permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan. Komandan Lanudal Juanda juga berpesan kepada para nelayan untuk turut menjaga habitat laut agar tidak rusak dan tercemar serta diharapkan para nelayan dapat memberikan informasi apapun terkait hal-hal yang berpotensi ancaman dan kerawanan terhadap keamanan di laut.

Sementara itu Kepala Desa Gisik Cemandi Bapak Supriyadi yang mewakili para nelayan mengatakan, kegiatan ini merupakan bukti kecintaan TNI khususnya TNI Angkatan Laut kepada masyarakat nelayan dan wujud dari kebersamaan TNI dan Rakyat.

Kami sebagai masyarakat nelayan sangat berterima kasih kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lanudal Juanda, dimana bapak-bapak Angkatan Laut akan menjaga kami, memberikan rasa aman dan nyaman dalam kami memanfaatkan sumber daya alam khususnya hasil laut dalam mengais rezeki khususnya untuk memenuhi nafkah keluarga. Harapan kami dan seluruh nelayan agar program ini tidak terputus sampai disini, kami mohon kepada TNI Angkatan Laut untuk tetap dapat membina kami sebagai nelayan tradisional dan insan masyarakat pesisir, tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, dari satuan TNI AL hadir Komandan Lanudal Juanda beserta seluruh perwira jajaran Lanudal Juanda. Sedangkan dari unsur pemerintah daerah hadir Camat Sedati, Lurah Tambak Cemandi, Kepala Desa Gisik Cemandi, Kepala Desa Banjar Kemuning dan Ketua Paguyuban Nelayan serta Ketua DPC HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Kabupaten Sidoarjo.(Nrl).

0 komentar:

Posting Komentar