Jumat, 18 Agustus 2017

Dirgahayu Indonesia, Pengibaran Bendera dan Doa Bersama Tim Ekspedisi NKRI

Dirgahayu Indonesia, Pengibaran Bendera dan Doa Bersama Tim Ekspedisi NKRI


Dirgahayu Republik Indonesia ke 72, pengibaran bendera dilaksanakan di Krida distrik Obaa Kamis,(17/8). Di hiasi dengan rintikan hujan yang menjadi khas  kabupaten Mappi, upacara berlangsung dengan khidmat. Inspektur upacara di pimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu. Sementara untuk pengibaran sang merah putih dipercayakan kepada tiga siswa dari SMA Negeri1 dan SMA Negeri 2 Mappi.

Peserta upacara dari Pleton TNI/Polri, Dinas terkait Kabupaten Mappi, Pelajar SD sampai dengan SMA, Organisasi pemuda, serta masyarakat di enam distrik kabupaten Mappi dengan keseluruhan berjumlah 45 pleton. Tak hanya itu, peserta Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi turut serta sebagai peserta upacara, dengan membawa dua pleton TNI dan Mahasiswa. Selain itu empat orang personel TNI peserta  ekspedisi NKRI sebagai pengawal pasukan pengibar bendera Merah Putih.

Selesai pengibaran bendera, acara di meriahkan dengan atraksi drama perjuangan persembahan Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi yang berjudul, Pejuang Merah Putih. Drama yang menceritakan perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda.

Rangkaian kegiatan perlombaan yang diadakan pemda setempat pun turut dimeriahkan peserta Ekspedisi NKRI diseluruh wilayah Ekspedisi NKRI. Sehingga menambah kemeriahan puncak peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekan ke-72 dan bersatunya peserta Ekspedisi dengan masyarakat setempat.

Kegiatan dilanjutkan sore hari dengan melaksanakan Doa bersama, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2017 pukul 17.00 waktu setempat di. Di seluruh Subkorwil. kegiatan ini, TNI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama meluangkan waktu, berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing untuk kedamaian Indonesia. Doa Bersama 171717 ini bertujuan agar sesama anak bangsa Indonesia lebih memiliki kasih sayang, dapat menjaga kebersamaan, persatuan dan keutuhan dalam bingkai NKRI.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud praktek gotong royong melalui sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia.

Wilayah Ekspedisi 2017 dilaksanakan di 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di kab. Asmat, Subkorwil-2/Mappi di kab. Mappi, subkorwil-3/Merauke di kab. Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di kab. Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kab. Boven Digoel.

Tema yang diusung dalam Ekspedisi NKRI Koridor Papua Selatan 2017 ini adalah, Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar