Kamis, 10 Agustus 2017

DISKUSI KAMISAN DPP TARUNA MERAH PUTIH BAHAS RADIKALISME GAYA BARU

DISKUSI KAMISAN DPP TARUNA MERAH PUTIH BAHAS RADIKALISME GAYA BARU


Bertempat di Kantor DPP Taruna Merah Putih digelar Diskusi publik dengan tema Radikalisme Gaya Baru.

Diskusi ini menghadirkan pembicara:
Prof Hamka Haq (Ketua Umum DPP Baitul Muslimin); AKBP H Djoni Djuhana (Kepala Pencegahan Teror Densus Anti Teror 88 Polri; Sofyan Tsauri (Ex Teroris) ;Addin Jauharuddin (Ketua Umum PB PMII Periode 2011-2014).

Dari wuktu ke waktu semakin banyak kelompok-kelompok radikal yang berkembang. Kondisi ini bisa dipastikan sebagian besar dindikasikan karena faktor faham Radikalisme yang dalam akan sesuatu yang dipercayai. Sayangnya, Radikalismenya mengarah pada aktifitas teror kepada banyak orang, bahkan kepada aparat penegak hukurn. 

Kondisi ini menjadi sebuah ancaman yang besar bagi kelndonesiaan jika tidak diatasi dengan semakin serius.

Dampak dari tindakan radikal sangat terasa di Indonesia, sejak tahun 2000an, dimana aktivitas teror secara lancer dan banyak dilaksanakan oleh kelompok-kelompok radikal kepada masyarakat.

Dikancah internasional, terorisme menjadi sebuah momok yang menakutkan, terutama sejak lahirnya kelompok ISIS. Kelompok ini kemudian melakukan aktifitas penghancuran, perampokan, dan pembunuhan secara keji. Salah satu kelompok yang ada di Indonesia adalah Santoso.cs. Kelompok ini pada tahun kemarin sudah bergabung dengan ISIS. 

Keberadaan pendukung kelompok-kelompok radikal ini terus bergerak dengan segala macam cara. Baru-baru ini pemerintah melarang penggunaan aplikasi telekomunikasi Telegram, karena aplikasi ini dipakai oleh kelompok radikal untuk berkomunikasi.

Diskusi Kamisan kali ini mengangkat Tema Radikalisme Gaya Baru : Ancaman Bagi kelndonesiaan. Sebagai bahan masukan bagi anak-anak muda dalam mempersiapkan menghadapi kelompok-kelompok ini dan bagi segenap Bangsa Indonesia terutama Pemerintah dalam mengambil langkah mengatasi pemikiran dan aktifitas radikal yang akan terus terjadi dan mengancam keIndonesiaan.

Beberapa hal yang diharapkan dari Pembicara untuk diangkat dalam diskusi, yaitu : 
Fenomena gerakan radikalisme dan pola gerakannya di Indonesia, Sebab akibat gerakan radikalisme di Indonesia.
Metamorfosis gerakan radikalisme dan jaringannya di Indonesia.
Strategí mengatasi gerakan radikalisme di Indonesia, untuk itu Peran Pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengatasi gerakan radikalisma.(Red)

0 komentar:

Posting Komentar