Senin, 14 Agustus 2017

Guskamla Koarmabar Amankan Kapal Pengangkut TKI Ilegal Dari Malaysia

Guskamla Koarmabar Amankan Kapal Pengangkut TKI Ilegal Dari Malaysia

Jakarta, 13 Agustus 2017. Salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di bawah komando operasi (BKO) Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) yaitu KRI Cucut - 866 berhasil
mengamankan kapal pengangkut TKI Ilegal dari Malaysia, Minggu (13/8).

Penangkapan kapal pengangkut TKI ilegal tesebut terjadi berawal dari pantauan lewat pengamatan visual yang dilakukan prajurit KRI Cucur-866 saat melakukan Patroli pengamanan perbatasan Indonesia-Singapura pada koordinat 01 12' 07" U - 104 25' 52" S. Hasil pengamatan visual terdapat banyak orang diatas kapal tersebut.

Selanjutnya berdasarkan hal tersebut, KRI Cucut-866 segera melakukan prosedur pengejaran, penangkapan dan penyidikan (Jarkaplid). Setelah Kapal tersebut berhasil ditangkap pada 1200 yard dari Pantai Lagoi, Riau, selanjutnya diketahui kapal tersebut termasuk jenis kapal kepompong tanpa nama, bermesin 3 motor tempel Yamaha 85 PK dan mengangkut 40 orang TKI dan warga negara Asing (WNA).

Hasil pemeriksaan yang dilakukan Tim Pemeriksan KRI Cucut-866 diperoleh keterangan bahwa sesaat sebelum penangkapan 3 orang penumpang melarikan diri dengan meloncat ke laut dan menghilang di hutan Lagoi sehingga penumpang tersisa di kapal tinggal 37 orang (36 TKI dan satu WNA asal Pakistan) semuanya tidak membawa pasport. 

Untuk proses lebih lanjut ke-37 orang beserta kapal kepompong di kawal menuju ke Lanal Batam, selanjutnya melakukan koordinasi dengan Lantamal IV Tanjung Pinang untuk pencarian ke-3 orang yang melarikan diri.

0 komentar:

Posting Komentar