Rabu, 30 Agustus 2017

OPERASI SURYA BHASKARA JAYA KE-68 DI PULAU WETAR

OPERASI SURYA BHASKARA JAYA KE-68 DI PULAU WETAR

Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI Angkatan Laut Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Ketut Suarya meresmikan Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya TNI AL TA 2017 di Desa Ilwaki, Kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, Rabu (30/08).

Dalam pembukaan SBJ Ke - 68 TNI AL 2017 Kadispotmar di dampingi oleh Danlantamal VII Brigadir Jenderal (Mar) Dedi Suhendar, Komandan Satuan Tugas SBJ 2017 Wetar Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto, Kakanwil Kemhan Wilayah Timur Kolonel Laut (Mar) Aziz, Kasubdis Progla Dispotmar Kolonel Laut (P) Gandawilaga, S.E., M.M, Kasubdis Binpuan Dispotmar Letkol Laut (P) Sukrisno, S.T., M.Si, Karumkital Samuel J Moeda Lantamal VII Kupang, Camat Kepala Wetar, Danramil, Kapolsek, serta Tokoh Agama dan Tokoh Adat Masyarakat Desa Ilwaki.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan oleh Kadispotmar saat pembukaan SBJ di Wetar mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah upaya perwujudan kemanunggalan TNI/TNI AL bersama rakyat, menumbuhkan jiwa dan semangat kebersamaan dalam pembangunan daerah, meningkatkan kualitas masyarakat setempat, khususnya masyarakat yang berada di wilayah pesisir.

Lebih lanjut disampaikan Kasal dalam amanatnya mengatakan, Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya TNI Angkatan Laut Ke - 68 Tahun 2017 ini dilaksanakan untuk membangun dan mengembangkan kekuatan matra laut dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan wilayah pertahanan laut beserta kekuatan pendukungnya untuk melaksanakan operasi militer perang (OMP), maupun operasi militer selain perang (OMSP).

”Untuk itu agar terlaksananya kegiatan ini tentunya membutuhkan kerja sama  dan dukungan partisipasi dari seluruh pihak yang terkait serta kesungguhan dan keiklasan seluruh Satgas pelaksana dari pusat dan daerah”, tegas Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh  Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Ketut Suarya.

Pada Operasi Bakti SBJ tahun ini, ditargetkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi 650 pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil. TNI AL mengerahkan sebanyak kurang lebih 300 orang personel yang terdiri dari  Tim Kesehatan, Tim Medis, Unsur  Satgas, Unsur Tugas (UT), personel dan kendaraan Angkutan, Tim Pelayanan Kesehatan, Tim Sarana dan Prasarana, Personel Pengamanan, Personel Pendukung, serta mengerahkan Unsur Kapal Rumah Sakit yaitu KRI dr Soeharso-990. 

Bagi jajaran TNI AL Kegiatan Operasi Bakti SBJ merupakan perwujudan dari TNI AL dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah pada percepatan pembangunan di daerah, sehingga diharapkan dengan selesainya kegiatan tersebut manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

0 komentar:

Posting Komentar