Minggu, 20 Agustus 2017

Prabu Siliwangi Jadi Icon Hut RI di Citra Indah City

Prabu Siliwangi Jadi Icon Hut RI di Citra Indah City

Bogor, 20 Agustus 2017. Prabu Siliwangi ala RT 02/09 pimpinan Yusbandi tampil sebagai juara pertama peserta karnaval yang digelar oleh panitia peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia wilayah Citra Indah City, Jonggol, Bogor, Minggu (20/8/2017).

Perayaan HUT RI tersebut diawali dengan penampilan keterampilan seni budaya reog ponorogo pimpinan Budi Santoso yang juga merupakan warga RT 02/09 Citra Indah City, yang mampu menyedot perhatian ribuan masyarakat yang memang sejak pagi telah menunggu kesenian tradisional khas Jawa Timur tersebut.

Karnaval itu sendiri dilepas oleh Arifin dari Kecamatan Jonggol dengan mengibarkan bendera start di depan Citra Indah City yang didahului dengan sambutan pelepasan oleh Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso, S.E., yang Ketua Dewan Penasehat Cluster TNI AL Wijayajusuma itu.

Adapun urutan keberangkatan dari para peserta karnaval dimulai dari kontingen RT 02/09, RT 03, 04, 05, dst hingga berjumlah 12 RT di wilayah RW 09, ditambah beberapa simpatisan dari wilayah RW lain di wilayah Citra Indah City.

Sementara RT 02 sebagai kontingen terdepan menampilkan berbagai seni budaya yang merupakan bagian dari wujud Bhinneka Tunggal Eka, dengan susunan sbb: satu Peleton Paskibra, replika Prabu Siliwangi yang diperankan oleh Puji Hartono dikawal dayang-dayang dengan mengendarai replika harimau terbuat dari sterefom yang dibalutkan ke bagian bodi mobil bak terbuka yang dikemudikan oleh Dahri, replika ular raksasa, seni tari reog ponorogo dan kuda lumping asuhan Budi Santoso, joget masal 'kewer-kewer' asuhan 
Eka Sutanti dan Ita Biyanto dengan koordinator Nurhadi yang penuh semangat dan nyaris tak pernah berhenti berjoget sepanjang rute, ditutup dengan tampilan tiruan bunga wijayakusuma raksasa yang ditempel di bagian depan mobil yang dikemudikan oleh Istiono.

Iring-ringan peserta karnaval yang diketuai oleh Didik Ruspriyanto, S.Sos itu dimulai dari pertigaan depan Masjid Raya, melintasi pertigaan patung kuda, bundaran kantor pemasaran, hingga finish di lapangan bola Citra Indah City.

Di tempat tersebut, panitia telah menyiapkan berbagai lomba yang dikemas dalam satu wadah kebersamaan di depan panggung hiburan berukuran 9x6 m.

Aneka perlombaan itu tak saja diikuti oleh warga RW 09 saja, tapi juga melibatkan cluster-cluster lain di wilayah Citra Indah City.

Mulai dari lomba senam gemu famire , lomba tumpeng, hingga tarik tambang, seluruhnya digelar di bawah terik mata hari.

Dari hasil seluruh lomba, termasuk lomba kebersihan yang telah berlangsung seminggu sebelumnya, RT 05 Cluster TNI AL Wijayakusuma keluar sebagai juara umum.

Sementara RT 02 yang juga dari Cluster TNI AL Wijayakusuma mampu meraih peringkat satu lomba tarik tambang dan karnaval yang mampu menyedot perhatian ribuan penonton dari dalam maupun luar Citra Indah.

Replika Harimau Prabu Siliwangi karya seniman ternama dari Sukabumi bernama Iwan Sanusi yang kebetulan bertempat tinggal di wilayah RT 02/09, Citra Indah City, yang didukung tangan-tangan terampil yang juga warga RT 02/09, antara lain: Tamrin, Acep Dudin, Istiono, Dahri, Budi Santoso, dan simpatisan lainnya, mendapat perhatian kusus dari para penonton. Tak sedikit di antara mereka yang ingin foto bersama.

Iwan Sanusi merancang replika Harimau Prabu Siliwangi memang sudah sejak beberapa bulan yang lalu dan dituangkan dalam karya nyata mulai akhir juli lalu.

Jelas saja, seniman yang juga guru ngaji agama Islam bagi anak-anak yang bertempat tinggal di sekitarnya itu, berhasil mengulang prestasinya pada tahun lalu yang juga sukses meraih predikat juara pertama karnaval yang digelar pengurus Cluster TNI AL Wijayakusuma, Citra Indah City.

Karenanya, tak sedikit pula warga bahkan media cetak maupun elektronik yang turut mengabadikan hajat tahunan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar