Rabu, 23 Agustus 2017

Prof Emil Salim Dukung Lomba Quiz World Glaucoma Week 2018

Prof Emil Salim Dukung Lomba Quiz World Glaucoma Week 2018

Prof Emil Salim sebagai tokoh Nasional yang pernah menderita Glaukoma kini terus aktif mensosialisasikan Glaukoma ke masyarakat, hal tersebut agar penderita Glaukoma dapat sedini mungkin diatasi, sehingga tidak mengakibatkan kebutaan.

Dalam jumpa PERS bersama Yayasan Glaukoma Indonesia, (YGI), Prof Emil Salim menegaskan bahwa Glaukoma adalah penyakit yang hingga saat ini belum ada obatnya dan mengakibatkan kebutaan, maka YGI akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa waspada dan bisa diketahui sejak dini, sehingga kebutaan bisa dicegah. Kegiatan Quiz World Glaucoma Week 2018,adalah upaya untuk mensosialisasikan apa itu penyakit Glaukoma pada Mata, Glaukoma, ungkap Emil Salim.

Hal yang sama juga diungkapkan Hal yang sama juga diungkapkan Pengurus YGI, yang juga Team Quiz World Glaucoma Week 2018, Dr.dr.Andika Prahasta Sp.M, M.Kes, bahwa " Glaukoma adalah penyakit mata yang diakibatkan oleh adanya tekanan tinggi pada bola mata yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf mata, meningkatnya tekanan di dalam bola mata ini disebabkan oleh ketidak seimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga merusak jaringan-jaringan syaraf halus yang ada di retina dan di belakang mata, tutur dr. Andika.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan glaukoma kronis antara lain resiko akan meningkat pada usia 40 tahun keatas sekitar satu persen dan pada 65 tahun keatas sekitar lima persen. Glaukoma juga dapat terjadi juga pada semua ras, dan dalam riwayat keluarga apabila ada yang terkena glaukoma terutama glaukoma kronis, sebaiknya memeriksakan mata secara rutin apalagi umur lebih dari 40 tahun dan disarankan juga agar anggota keluarga yang lain untuk juga memeriksakan diri, tegas Andika.



Sementara Ketua Pengurus YGI, Susana Paulina Masmir saat jumpa PERS di Restaurant  Aruba Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan (23/8/2017) menegaskan, bahwa berlandaskan pemikiran diatas, dan ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya bahaya kebutaan permanen tersebut, YGI dalam rangka World Glaukoma Week Maret 2018 yang akan datang, mengadakan acara Quiz World Glaucoma Week (WGW) 2018 Yayasan Glaukoma Indonesia, kita berharap akan banyak masyarakat yang turutserta dalam Quiz WGW 2018 tersebut, ujarnya.

Quiz WGW berupa Menjawab pertanyaan tentang gIaukoma (pertanyaan di susun oleh para dokter spesiaiis mata glaukoma) serta Lomba Goto dengan Mengirimkan foto karya peserta (hitam putih/warna) yang sesuai dengan tema : "MATA KITA JENDfLA DUNIA" jawaban merupakan satu kesatuan dalam peniIaian team juri. Waktu, tanggal mengirimkan jawaban Quiz WGW 2018, YGI dari 30 September 30 2017 hingga November 2018, dikirim ke Email :info@glaukoma.or.id Website www.glaukomaindonesia.co.id, peserta yang Iolos babak penyisihan diumumkan lewat Website www.glaucoma.or.id Email info@glaukoma.or.id, facebook.com/GIaukomaindo serta Instagram @yayasanglaukoma, Twitter @GIaukomaindo, papar Susana Paulina Masmir.
Koordinator Quiz World Glaucoma Week 2018 Yayasan Glaukoma Indonesia Kanjeng Pangeran Norman Hadinegoro mengatakan "Saya sangat mendukung dan mengapresiasi acara atau kegiatan tersebut karena kita ingin mensosialisasikan tentang bahaya glukoma itu di masyarakat, agar masyarakat mengerti dan bisa menjaga kesehatannya terutama kesehatan mata, karena mata adalah jendela dunia" tegas Kanjeng Norman.(Ul)

0 komentar:

Posting Komentar