Jumat, 04 Agustus 2017

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 432 Kostrad Geledah Rumah Kelompok OPM

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif PR 432 Kostrad Geledah Rumah Kelompok OPM

(Penkostrad. Jumat, 4 Agustus 2017) Pada hari Sabtu tanggal 29/7/ 2017 pukul 14.30 WIT bertempat di rumah Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, (yang mengklaim sebagai Presiden Republik Amenewgini) di jalan Sagu 2, Koya Koso Distrik Abepura Kota Jayapura telah dilaksanakan penggerebegan dan penggeledahan oleh Pos Satgas Koya Koso bersama Tim Wutung Deninteldam XVII/Cendrawasih.

Penggerebegan dan penggeledahan rumah (tempat tinggal) Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, terkait adanya ancaman yang disertai letusan senjata api yang dilakukan oleh Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, terhadap Bapak Yoram warga kampung Koya Koso pada tanggal 28 Juli 2017 pada pukul 22.00 WIT. 

Pada hari berikutnya sekitar pukul 20.00 WIT, Tim Wutung Deninteldam XVII/Cendrawasih mendapat informasi dari sumber Sdr. Yotan Payage bahwa telah terjadi pengancaman terhadap masyarakat (Pendeta Waromi) dengan menggunakan Senpi jenis Pistol yang diduga dilakukan oleh anggota TPN OPM A.n. Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, di kampung Koya Koso.

Tim Wutung Deninteldam XVII/Cendrawasih melaksanakan pendalaman informasi tersebut dan didapatkan informasi bahwa yang bersangkutan masih berada disekitar TKP, selanjutnya Tim melaksanakan koordinasi dengan Danpos Koya Koso Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/WSJ Letda Inf M. Iqbal Yuliandi untuk dilaksanakan penggerebegan dan penggeledahan di TKP (rumah Yor Caliston Kogoya, STh, Mc )

Pada saat dilaksanakan penggerebekan yang dilanjutkan penggeledahan rumah, ditemukan dokumen-dokumen penting di kamarnya dan menemukan satu pucuk pistol rakitan beserta munisinya di atap rumah Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, sedangkan Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, sendiri pada saat penggerebekan sudah tidak berada ditempat.

Penggeledahan dianggap selesai dalam keadaan aman, Tim Wutung Deninteldam XVII/Cendrawsih dan anggota Pos Koya Koso Satgas Pamtas Yonif Para Raider 432/WSJ kembali ketempat dan barang bukti diamankan  di Pos Koya Koso.

Berdasarkan barang bukti yang didapat bahwa Yor Caliston Kogoya, STh, Mc, merupakan mantan anggota Staf TPN OPM pimpinan  Lukas Tabuni yang berkedudukan di Bewani, PNG dan pada tahun 2008 Yor Caliston Kogoya STh, Mc, dan Alek Mebri masuk kewilayah Indonesia selanjutnya mendirikan kerajaan Papua Barat serta Republik Amenew Gini.

0 komentar:

Posting Komentar