Kamis, 24 Agustus 2017

URCL Bakamla RI Latihan VBSS

Dalam rangka persiapan Operasi Bersama pengamanan laut perbatasan dengan Pemerintah Australia, Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) KN Ular Laut 4805 Bakamla RI melaksanakan Latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS), diatas kapal tersebut yang sedang sandar di Pelabuhan Saumlaki, Kamis (24/8/2017).

Latihan VBSS yang dipimpin Kasi Operasi Keamanan Laut Mayor Laut (KH) Kemas Muhammad Yusri, S.H.,M.Si. ini diikuti tujuh personel URCL yang sudah terlatih dalam menembak, menyelam maupun kemampuan bela diri.

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai persiapan untuk operasi bersama dengan Australia Border Force (ABF) dalam Patkor Shearwater IV dan bertujuan untuk memberikan penyegaran kemampuan kepada personel URCL dalam melaksanakan pemeriksaan kapal sesuai prosedur, kemampuan dalam perebutan kapal perompak dan kemampuan dalam pembebasan sandera.

Untuk tujuan tersebut, maka tim URCL dibekali dengan pemantapan materi pelatihan yang meliputi Mission Planning (penyusunan rencana), Climb (memanjat tangga diatas geladak kapal) dan Ship Movement (Latihan bergerak diatas geladak kapal). 

Komadan Kapal KN Ular Laut 4805 Mayor Laut (P) Fajar Yuswantoro berharap melalui pelatihan ini kemampuan personelnya terus terasah dan bermanfaat tidak hanya dalam Patroli Terkoordinasi Shearwater IV saja tapi juga dalam operasi rutin Bakamla RI.

0 komentar:

Posting Komentar