Jumat, 29 September 2017

Cegah Abrasi, Prajurit Lantamal XII Pontianak Bersama Masyarakat Tanam Mangrove

Cegah Abrasi, Prajurit Lantamal XII Pontianak Bersama Masyarakat Tanam Mangrove

Jakarta 29 September 2017,-- Dalam rangka untuk mencegah abrasi dan  menjaga ekosistem wilayah pantai, Prajurit Pangkalan  Utama Angkatan Laut XII (Lantamal XII)  Pontianak bersama-sama dengan masyarakat dan anggota Saka Bahari melaksanakan penanaman pohon mangrove di Dusun Mendalok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (28/9).

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut melibatkan Prajurit Lantamal XII  Pontianak, khususnya yang bertugas di Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) di bawah jajaran Lantamal XII Pontianak. Dalam kegiatan tersebut, Lantamal XII Pontianak mengajak masyarakat setempat untuk membudidayakan dan menanam pohon mangrove guna menjaga ekosistem dan mencegah abrasi di wilayah pantai dan mengantisipasi pemanasan global warming (pemanasan global).

Menurut Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Mulyono, hutan Mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya abrasi dan pemanasan global, sehingga upaya pelestariannya perlu terus digalakkan. Pihaknya berharap kegiatan itu dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, dan kedepannya generasi penerus dapat menikmati panorama laut Indonesia yang indah dengan hutan mangrove yang berada di sekelilingnya.

“Untuk saat ini, pohon mangrove itu masih dalam proses penanaman, tapi beberapa tahun ke depan suasana sejuk akan dapat dirasakan oleh masyarakat dan nelayan serta bermanfaat sekali untuk tempat bersarangnya habitat ikan.  Kegiatan yang dilakukan Lantamal XII Pontianak tersebut, juga telah memberikan kontribusi positif bagi pencegahan terjadinya pemanasan global”, jelas Kadispotmar Lantamal XII Pontianak.

0 komentar:

Posting Komentar