Jumat, 08 September 2017

SEKLEM SESKOAL TUTUP PELAKSANAAN OLAH YUDHA ANGKATAN TUGAS “JALA YUDHA LV”

SEKLEM SESKOAL TUTUP PELAKSANAAN OLAH YUDHA ANGKATAN TUGAS “JALA YUDHA LV”


Seskoal,- Sekretaris Lembaga Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Kolonel Laut (P) Gusmaidi. S,Mn, M.M., mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M menutup secara resmi pelaksanaan Latihan Olah Yudha Angkatan Tugas “Jala Yudha LV” Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-55 dan Pasis Dikmatra-3 TNI AL Angkatan ke-8 TP 2017 di Amphie Theater Pusoyu, Gedung O.B. Syaaf, Seskoal, Bumi Cipulir Jakarta Selatan, Jumat (08/09) dihadiri para pejabat utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal.

Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari ini meliputi kegiatan latihan pos komando, pembuatan produk latihan, dan Tactical Floor Games (TFG) untuk melatih para Pasis agar mampu mengintegrasikan seluruh komponen Sistem Sesnjata Armada Terpadu (SSAT) TNI AL dalam aplikasi operasi militer perang (OMP) melalui suatu proses pengambilan keputusan militer.

Pelaksanaan latihan ini dengan memposisikan dua pihak pelaku sebagai kekuatan militer dari dua Negara yang sedang berperang sehingga akan sangat mengoptimalkan pemanfaatan kemampuan pusat olah yudha (Pusoyu) Seskoal sebagai salah satu aset latihan.

Hasil akhir dari latihan ini adalah penemuan beberapa permasalahan untuk dikaji agar dapat dijadikan bahan penyempurnaan doktrin dan taktik baik tingkat matra maupun komando gabungan TNI.

Komandan Seskoal menyadari bahwa waktu 5 hari tidaklah cukup sehingga penguasaan materi latihan akan sangat bergantung pada tingkat kesungguhan Pasis menjalani latihan ini. Ke depan diharapkan Pasis mampu memahami dan melaksanakan proses perencanaan militer khususnya yang berhubungan dengan operasi laut gabungan, operasi amfibi dan operasi pendaratan administrasi.

Laksamana bintang dua ini juga menyampaikan bahwa latihan ini akan dijadikan pembekalan awal dalam rangka Pekan Kegiatan Bersama Operasi Gabungan Dikreg Sesko Angkatan yang direncanakan akan dilaksanakan di Sesko TNI AD, Bandung.

0 komentar:

Posting Komentar