Sabtu, 14 Oktober 2017

ANAK ANAK IMANUSAKTI CENGKARENG TRIP KE PASAR SWALAYAN

ANAK ANAK IMANUSAKTI CENGKARENG TRIP KE PASAR SWALAYAN

Cengkareng. Melatih keberanian dan kemandirian anak  banyak cara bisa dilakukan. Salah satunya membawa mereka mengunjungi suatu tempat umum, semisal pasar swalayan. Hal ini dilakukan oleh Kelompok Bermain  Imanusakti Cengkareng Jakarta Barat.

Pada Jumat, 12 Oktober 2017 lalu. Anak anak KB Imanusakti  berusia 3 sampai dengan 4 tahun melakukan trip atau jalan jalan ke salah satu pasar swalayan ternama di Kawasan Cengkareng Jakarta Barat.

Mereka pergi tidak didampingi orang tua mereka. Mereka belajar belanja sendiri hanya didampingi guru-guru mereka.

Suasana pasar swalayan jadi ribut karena anak-anak kecil belanja sendiri. Memilih barang-barang sendiri. Mengambil dan membayar sendiri.

"Anak-anak hanya dibekali uang dua puluh ribu rupiah. Mereka kami lepas ditempat belanja. Mereka diberi tugas untuk membeli  minuman atau buah-buahan. Ketika sebelum belanja mereka harus sudah punya keinginan apa yang ingin dibeli. Sebelumnya di sekolah mereka belajari mewarnai benda-benda yang akan mereka beli. Jadi kami simulasikan bahwa rencana dan pelaksanaan sesuai. Mereka kemudian bayar sendiri. Jika barang yang dibeli tidak sesuai atau kelebihan kami sortir," tutur Bunda Supi C Nadyastuti Kepala Sekolah Imanusakti.

"Orang tua tidak ada yang mendampingi. Ini tujuannya untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab. Kegiatan trip seperti ini merupakan salah satu model pembelajaran kami, satu semester satu kali. Temanya bervariasi, selain ekonomi seperti ke pasar swalayan, juga ke tempat lain bank, naik bus way, dan tempat wisata," tambahnya.

KB Imanusakti merupakan bagian dari sekolah yang dibawah Yayasan Pendidikan Muslim Imanusakti yang berada di Jalan Waru VI Kapuk Cengkareng Indah Komplek Perumahan Dosen FE Universitas Tri Sakti Jakarta Barat.

0 komentar:

Posting Komentar