Selasa, 24 Oktober 2017

ASOPS KASAL JADI PEMBICARA PADA FOCUS GROUP DISCUSSION DI UI

ASOPS KASAL JADI PEMBICARA PADA FOCUS GROUP DISCUSSION DI UI
 
            Depok, 24 Oktober 2017--- Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., menjadi pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Indonesia bersama Research Cluster for Sustainable Ocean Policy (CSOP) di Ruang Multimedia, Fakultas Hukum, Universitas Indonesia, Depok (24/10).
            Dalam kegiatan ini Asops Kasal memberikan paparan dengan tema “Strategi TNI AL Dalam Penegakan Hukum Terhadap Kapal Asing yang melakukan Penangkapan Ikan secara Ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia”.
            Kasal Laksamana TNI Ade Supandi dalam paparannya yang disampaikan oleh Asops Kasal menyatakan bahwa,  Negara Indonesia sebagian wilayahnya berupa perairan, oleh karena itu TNI Angkatan Laut memiliki peranan yang besar dalam melakukan pengamanan dan penjagaan di wilayah perairan laut, secara universal TNI Angkatan Laut memiliki tiga peran, yaitu peran militer, peran konstabulari dan Peran diplomasi.
            "Salah satu bentuk implementasi dari peran dan tugas TNI Angkatan Laut dalam bidang konstabulari adalah melaksanakan penegakkan hukum terhadap Kapal Ikan Asing (KIA) yang melaksanakan penangkapan ikan secara ilegal (Illegal Fishing) di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), disini TNI Angkatan Laut secara rutin menggelar operasi keamanan laut di ZEEI sebagai wujud pelaksanaan peran konstabulari", ujar Asops Kasal.
            Dalam kesempatan ini turut serta dihadiri oleh para praktisi dan profesional antara lain Dosen Universitas Pertahanan Laksda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto, S.H., M.H.,  Direktur Informasi, Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Yuli Dharmawanto, S.H., M.H., Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc., Kepala Dinas Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksma TNI Supradono, S.H., Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Dr. Topo Santoso. S.H., M.H., Ketua Research Cluster for Sustainable Ocean Policy Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D., Koordinator Staf Khusus Satgas Pemberantasan Illegal Fishing Dr. Achmad Santosa, S.H., LL.M., serta tamu undangan terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar