Kamis, 26 Oktober 2017

Deretan Artis Indonesia Rayakan Hari Batik Nasional

Deretan Artis Indonesia Rayakan Hari Batik Nasional

Batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO, Batik masuk dalam Daftar Representatif  Budaya Tak benda Warisan Manusia. Dan Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia, untuk itulah kita semua sebagai bangsa Indonesia harus bangga mengenakan batik, hal tersebut diungkapkan Tokoh Muda yang juga Artis Ibukota, Sandec Sahetapy disela Peringatan Hari Batik Nasional (HBN) yang digelar di Lapangan Yayasan Pendidikan Pangudi Luhur jalan H Nawi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lebih jauh Sandec Sahetapy menegaskan, bahwa Batik merupakan Warisan Budaya sebagai peninggalan terbesar bangsa Indonesia, yang kalau tidak kita perkenalkan terus akan diakui bangsa lain, seperti saat ini telah banyak hasil kerajinan masyarakat Indonesia yang di klaim milik bangsa lain, dan kita tau Batik juga sudah digunakan di kancah internasional, bahkan Presiden Nelson Mandela saja kalau kemana-mana selalu mengenakan Batik, jadi kita sebagai generasi muda harus mendukung pelestarian dan pengembangan Batik Indonesia.



Saat ini kita gelar juga Lomba Foto Batik serta kegiatan membatik bersama 500 pecinta Batik, dan kita juga mengapresiasi Pemerintah yang telah mewajibkan penggunaan Batik pada hari Jumat, sehingga kita akan semakin mengenal Batik, karena Batik itu sangat  mulia dan jenisnya juga cukup banyak, yang juga punya arti tersendiri dalam penggunaanya.

Saat disinggung masuknya Batik impor, Sandec Sahetapy mengaku sangat menyesalkan hal tersebut, seharusnya Pemerintah bisa melindungi produk dalam negeri, serta pengrajin batik di tanah air, ditiap provinsi saja memiliki jenis batik yang beraneka ragam, kenapa harus produk luar negeri, tanyanya.

Hal senada juga diungkapkan Artis Senior, Jajang C Noer, bahwa pihaknya bangga dengan kegiatan Peringatan Hari Batik Nasional ini, dengan menggalakkan Batik, karena Batik di Indonesia memang banyak ragam, saya sejak SMP sudah senang mengenakan Batik kemanapun, apalagi ke luar negeri selalu mengenakan Batik, supaya orang tau bahwa kita orang Indonesia.

Kalau sebagian orang menganggap Batik sebagai pakaian resmi, maka kita juga harus bisa menciptakan kreasi Batik untuk pakaian santai, bahkan dahulu saya banyak punya bikini dari Batik, ungkap Sutradara yang juga Aktris ini.

Ketua Yayasan Pangudi Luhur Perwakilan Jakarta, yang juga Kepala SMP PL Kebayoran Baru, Bruder Anton juga mengapresiasi kegiatan Hari Batik Nasional ini, apalagi Batik adalah warisan budaya asli Indonesia, dan sebagai kekhasan bangsa Indonesia, untuk itu seluruh Generasi Muda Indonesia juga diharapkan cinta Batik, demikia juga kegiatan membatik bersama yang banyak diikuti para Pelajar ini juga diharapkan akan meningkatkan Generasi semakin mencintai Batik, Mencintai Warisan Budaya dan mencintai Indonesia, dan akhirnya menjadi orang yang 100% Indonesia, ungkapnya. 

 Host Hari Batik Nasional Jose Choa Linge yang juga didampingi Hose yang juga artis muda, Kevin Mayonk mampu menghidupkan suasana kegiatan HBN yang juga dihadiri Club Motor Besar Indonesia, Masyarakat Umum tersebut juga tampil penyanyi Indonesia yang Populer di Negara Jerman TUTI KANTA dan Artis serba bisa kita RATNA LISTY, Acara serba komplit dengan kehadiran BAZAAR ARTIS dan FASION SHOW dari Artis Senior dan Model Yunior. Diantaranya Ida Leman, Uli Sigar, Alicia Djohar, Novel Yunita, Erna Santoso, serta sederatan artis lainnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar