Senin, 16 Oktober 2017

KADISKUMAL GELAR PELATIHAN HUKUM LAUT INTERNASIONAL TAHUN 2017

KADISKUMAL GELAR PELATIHAN HUKUM LAUT INTERNASIONAL TAHUN 2017

Jakarta, 16 Oktober 2017 -- Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Supradono, S.H., menggelar Pelatihan Hukum Laut Internasional Tahun 2017 bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang dilaksanakan mulai dari tanggal 16 sampai dengan 27 Oktober 2017 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kampus Depok, Jawa Barat, Senin (16/10).

Pelatihan yang diikuti oleh 30 personel Perwira yang berprofesi sebagai Perwira pelaut, intelijen, hukum serta survei dan pemetaan ini bertujuan, untuk meningkatkan wawasan Perwira TNI AL mengenai permasalahan hukum di laut dengan dibekali pengetahuan mengenai hukum laut internasional, selain itu juga dapat memahami dan mengimplementasikan hukum laut internasional dalam menjalankan tugas constabulary secara efektif.

Dalam amanatnya Kadiskumal mengatakan bahwa, Hukum Laut Internasional diadakan untuk mengatur dan mengurangi adanya konflik antara para penguna laut, baik itu negara pantai, negara pengguna maupun para pengguna. Sebagai aparat penegak hukum di laut para Perwira TNI AL dalam melaksanakan tugasnya dituntut untuk mengerti dan memahami hukum nasional serta dituntut juga untuk memahami ketentuan hukum internasional khususnya yang terkait dengan hukum laut.

“Manfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, materi yang disampaikan oleh dosen dan narasumber agar diperhatikan, dicerna dan dipahami serta diaplikasikan di penugasan sehari-hari, Saya berharap para peserta pelatihan lebih interaktif dalm berdiskusi utamanya mengenai isu-isu yang ada saat ini”, jelas Kadiskumal.

Pada pelatihan ini membahas beberapa materi diantaranya, Pengenalan Permasalahan Hukum di Laut, Hukum Internasional Publik, Hukum Perjanjian Internasional, Hukum Laut, Hukum Pidana Internasional, Penelitian Ilmiah Kelautan, Penyelesaian Sengketa Internasional, Cyber Law, Praktik Negara-Negara dan Studi Kasus. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekdiskumal Kolonel Laut (KH) Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D., tenaga pengajar/narasumber dari akademisi di bidang hukum internasional yakni, Prof. Dr. Hasjim Djalal, Prof. Dr. Etty R. Agoes, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D., Arief Havas Oegroseno, S.H., LL.M., Dr. Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A., Hadi Rahmat Purnama, S.H., LL.M., Ph.D., Arie Afriansyah, S.H., LL.M., Ph.D., Heru Susetyo, S.H., LL.M., M.Si., Ph.D., Adijaya Yusuf, S.H., LL.M., Dr. Edmon Makarim, S.H., LL.M.

0 komentar:

Posting Komentar