Selasa, 31 Oktober 2017

KASAL RESMIKAN LANAL MAMUJU DI SULBAR

KASAL RESMIKAN LANAL MAMUJU DI SULBAR

          Mamuju, 31 Oktober 2017 -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., memimpin acara peresmian Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, sekaligus upacara pelantikan Letkol Laut (KH) Siangka menjadi Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju, Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selasa (31/10).

          Acara Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kasal yang didampingi Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto S.H., M.A.P., Kadisfaslanal Laksma TNI Marhuale Simbolon, S.Pi., dan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., kemudian dilanjutkan pengguntingan pita serta meninjau bangunan Lanal Mamuju.

          Sebelum ditingkatkan menjadi Lanal, di Kota Mamuju telah berdiri Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posal) Kelas A yang telah diresmikan oleh Danlantamal VI pada 03 Agustus 2011. Selanjutnya dikarenakan letaknya dinilai sangat strategis dalam upaya mengamankan wilayah perairan laut pulau Sulawesi ini, maka Posal Mamuju ditingkatkan statusnya menjadi Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kelas C. Setelah peresmian Lanal Mamuju, pada kesempatan ini juga dilaksanakan Upacara Pelantikan Danlanal Mamuju yang dipimpin secara langsung oleh Kasal. 

          Dalam sambutannya pada acara ini Kasal menyampaikan bahwa, peresmian Lanal Mamuju dimaksudkan untuk merespon perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, khususnya dalam mengamankan wilayah perairan di sekitar Sulawesi yang memiliki kerawanan cukup tinggi terhadap berbagai pelanggaran seperti penyelundupan, Penangkapan Ikan, dengan bahan peledak, illegal logging, illegal minning  serta kerawanan di laut lainnya.
          Lebih lanjut Kasal mengatakan untuk mengawali suatu organisasi yang baru dibentuk perlu didukung oleh sumber daya manusia yang handal sebagai pengawak organisasi tersebut, karena kunci keberhasilan dari suatu organisasi terletak pada faktor kualitas personel pengawaknya. "Kedepan, dengan adanya Lanal Mamuju ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan Kota Mamuju Sulbar", Kata Kasal.
          Bertindak sebagai Komandan Upacara pada Peresmian Lanal Mamuju adalah Kolonel Laut (P) Prio Budie Leksono yang sehari – harinya menjabat sebagai Komandan Lanal Kendari dengan pasukan upacara terdiri dari 1 Pleton Perwira Gabungan TNI/POLRI, 1 Kompi TNI AD, 1 Kompi TNI AL, 1 Kompi POLRI, 1 Pleton Gabungan Unsur Maritim, 1 Pleton Polisi Pramong Praja dan 1 Pleton Pramuka.
          Usai acara peresmian Lanal dan pelantikan Komandan Lanal, Kasal beserta rombongan dan Jajaran Muspida Sulbar melaksanakan penanaman pohon di sekitar area Mako Lanal Mamuju, dilanjutkan dengan peninjauan Dermaga Lanal Mamuju dan diakhiri dengan ramah tamah di geladak helly KRI Banda Aceh – 593. Dalam kunjungannya di Mamuju, Kasal beserta para pejabat juga melaksanakan peninjauan Rumah Dinas (Rumdis) bagi personel TNI AL yang berada di Simboro Kota Mamuju.
          Dalam rangkaian acara peresmian Lanal Mamuju, dimeriahkan juga dengan  atraksi demo terjun payung dari ketinggian 6.000 feet oleh para pasukan elit Batalyon Intai Amfibi - 1 Marinir (Yontaifib - 1 Mar) Surabaya.
          Hadir pada pada acara ini adalah Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto S.H., M.A.P., Para Asisten Kasal, Para  Asisten Pangarmatim, Kaskoopsau II, Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., Kajati Sulsel DR.Jan Samuel Maringka, S.H., M.H.,  Wagub Sulbar, Kadispamal, Kadispenal, Kadisfaslanal, Kapushidrosal, Danguskamlatim, Danguspurlatim, Para Danlantamal wilayah Koarmatim, sejumlah Pejabat Muspida Provinsi Sulbar, Pejabat Pemerintahan Provinsi Sulbar, para Bupati di Provinsi Sulbar, Jajaran TNI/POLRI Provinsi Sulbar serta pimpinan bank unsur maritim Provinsi Sulbar dan beberapa ormas di Sulbar.

0 komentar:

Posting Komentar