Minggu, 08 Oktober 2017

Kostrad Kembali Berkiprah Mencetak Generasi Muda Yang Nasionalis Pada Wisata Nusantara Bersatu Ke-2 Th. 2017

Kostrad Kembali Berkiprah Mencetak Generasi Muda Yang Nasionalis Pada Wisata Nusantara Bersatu Ke-2 Th. 2017

(Penkostrad. Sabtu, 7 Oktober 2017). Prajurit Kostrad kembali berkiprah dalam kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ke-2 Th. 2017 yang diselenggarakan oleh Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), dengan peserta siswa dari seluruh penjuru tanah air sebanyak 993 orang.

Wisata ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 3 hingga 6 Oktober 2017, yang diikuti pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI serta siswa lainnya.

Kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ke-2 Th. 2017 ini merupakan wujud terima kasih TNI kepada masyarakat dalam mendukung dan membantu TNI pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Pada Pelaksanaan TMMD beberapa tahun terakhir ini, para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD berbaur bersama warga setempat dan tinggal bersama di rumah warga setempat yang menjadi keluarga asuh bagi para prajurit.

Wisata Nusantara Bersatu digelar dengan tujuan meningkatkan wawasan nusantara peserta, agar lebih mengetahui tentang jati diri sebagai masyarakat bangsa yang terdiri atas ratusan etnik dengan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dalam satu tekad “Bhinneka Tunggal Ika”, sehingga peserta sebagai generasi penerus dapat lebih menghargai kekayaan Nusantara serta lebih mencintai tanah air untuk menumbuhkan semangat pengabdian dan bela negara.

Pada kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ini dilaksanakan pengenalan tentang TNI (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) melalui kegiatan wisata dan berlayar menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia Tanjung Nusanive 973 serta mengikuti rangkaian kegiatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, agar para peserta dapat lebih mengenal TNI sebagai alat pertahanan negara.

Pada kegiatan ini, prajurit Kostrad kembali bergabung sebagai pendamping siswa, dimana pendampingan oleh personel TNI termasuk Kostrad yang melekat pada setiap kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih mempererat kedekatan antara prajurit dengan peserta Wisata Nusantara Bersatu ke-2 Th. 2017, yang mana hal ini akan menciptakan ikatan tali silaturahmi dan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat sebagai modal dasar ketahanan nasional.

Kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ke-2 Th. 2017 ini meliputi kegiatan pemutaran film profil TNI (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), pengenalan Mabes TNI, foto bersama, pengarahan Panglima TNI, kunjungan ke museum yang ada di Mabes TNI serta ceramah pembekalan wawasan kebangsaan (Bhineka Tunggal Ika).

"Terima kasih atas kedatangan kalian seluruh siswa yang mengikuti kegiatan Wisata Nusantara Bersatu ke-2 Th. 2017, ini merupakan pengalaman baik bagi kalian dan ceritakan hal ini kepada rekan-rekan kalian dimanapun berada, kalian adalah pemuda-pemuda yang akan memimpin negeri dimasa depan, untuk itu isilah diri kalian dengan kemampuan dan hal-hal yang baik", ungkap Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam pengarahannya dihadapan para siswa wisata, Rabu (4/10).

Usai pelaksanaan kegiatan di Mabes TNI, para peserta berlayar menggunakan kapal perang TNI AL KRI Tanjung Nusanive 973 menuju tempat acara puncak pelaksanaan HUT ke-72 TNI di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten untuk menyaksikan perayaan puncak HUT ke-72 TNI dan menyaksikan pameran Alutsista TNI.

Pada Wisata Nusantara  Bersatu kedua tahun 2017 ini, para peserta masing-masing menerima cinderamata berupa laptop, tas loreng, kaos dan kalender TNI sebagai tali asih untuk   mendukung kegiatan belajar para siswa.

0 komentar:

Posting Komentar