Rabu, 25 Oktober 2017

TNI AL GELAR RENAKU II TAHUN 2017

TNI AL GELAR RENAKU II TAHUN 2017


Surabaya, 25 Oktober 2017

TNI Angkatan Laut menggelar Rapat Koordinasi Rencana Keuangan (Rakor Renaku) II TNI AL Tahun 2017 dan Asistensi Rencana Kegiatan (rengiat) TNI AL Tahun 2018. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., bertempat di Wisma Perwira Lanudal Juanda, Surabaya, Rabu (25/10).
Pada pembukaan Rakor Renaku II TNI AL tahun 2017 dan Asistensi Rengiat TA 2018 ini, Kasal menyampaikan bahwa Lebih lanjut menurutnya, perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut saat ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal. Beberapa diantaranya adalah kebijakan pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran, hal ini berimplikasi pada penyelarasan rencana strategis TNI Angkatan Laut saat ini dan kedepan. 
“Sejalan dengan hal tersebut, Panglima TNI telah menetapkan pembangunan kekuatan TNI di Pulau-Pulau terluar tertentu dan daerah yang bersifat strategis, dimulai dari Natuna, Saumlaki-Selaru, Morotai, Biak dan Merauke. Untuk itu perlu adanya road map rencana kebutuhan di tiap-tiap Kotama dalam rangka konsistensi perencanaan sesuai dengan prioritas bidang yang telah ditentukan”, tegas Kasal.
Dalam kesempatan ini pula Kasal menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut telah menetapkan prioritas program dan kegiatan tahun anggaran 2018 diantaranya adalah pembangunan Pangkalan Teluk Ratai sebagai pangkalan terpadu dalam kerangka Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). 
Menurutnya, Hal ini merupakan langkah strategis untuk mendukung kebijakan Presiden Republik Indonesia yang menetapkan bahwa pembangunan kekuatan TNI tidak terpusat di Pulau Jawa atau Jawa-sentris, melainkan tersebar di seluruh wilayah NKRI atau Indonesia-sentris, khususnya di wilayah-wilayah perbatasan.
Kegiatan Rakor Renaku II dan Asistensi Rengiat TNI AL tahun 2018 ini digelar sejak tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober 2017. Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain para Pejabat Utama Mabesal, para pemimpin Kotama TNI AL, Para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, Para peserta Rakor Renaku II TNI AL seluruh wilayah Indonesia, serta tamu undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar