Senin, 27 November 2017

Bakamla RI Sempurnakan Perka Tata Naskah Dinas dan Klasifikasi Arsip

Bakamla RI Sempurnakan Perka Tata Naskah Dinas dan Klasifikasi Arsip

Jakarta, 27 November 2017 (Humas Bakamla RI) Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma TNI Suradi A.S., S.T., S.Sos., M.M. membuka acara Konsinyering Perka Tata Naskah Dinas dan Klasifikasi Arsip di Lingkungan Bakamla RI, di Hotel Mercure Convention Center, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Dalam sambutannya Laksma Suradi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyempurnakan Peraturan Kepala Bakamla RI tentang Tata Naskah Dinas dan Klasifikasi Arsip serta menyamakan pemahaman personel Bakamla RI terhadap konsep Perka tersebut. 

Selama tiga hari ke depan, para peserta akan mendapatkan pengayaan materi dari beberapa nara sumber. Acara dihadiri pula oleh Pokja Bidang Operasi Keamanan Laut Laksma TNI (Purn) F.X. Eddy Santoso, S.IP dan Pokja Bidang Hukum Laut Djoko Cahyo Purnomo, SPI, M.M., M.H., serta diikuti pejabat eselon IV dan staf terkait.

Pada hari pertama, Kabag Humas dan Protokol Kolonel Laut (KH) Drs. Tony Syaiful, mewakili Laksma Suradi menyampaikan tentang penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Bakamla RI. 

Mengawali paparannya, Kolonel Tony mengatakan bahwa penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah, dan standar kearsipan dapat menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya. Oleh karenanya, perlu mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip guna mendukung program reformasi birokrasi, membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, akuntabel dan transparan.

Dijelaskannya, ada beberapa aspek kearsipan yang harus dibenahi Bakamla RI berdasarkan penilaian penyelenggaraan kearsipan oleh ANRI, yaitu : ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan bidang kearsipan dalam penetapan kebijakan kearsipan, program kearsipan, pengolahan arsip inaktif, penyusutan arsip, SDM kearsipan, kelembagaan dan sarana prasarana. 

Acara konsinyering ini menjadi salah satu upaya menyempurnakan Perka Bakamla RI sehingga diharapkan dengan adanya pembenahan tersebut, hasil audit eksternal Bakamla RI di tahun mendatang mendapatkan hasil yang lebih baik, tutupnya.

Pada hari kedua, Selasa (28/11) para peserta dijadwalkan akan menerima materi dari Arsiparis Ahli Madya Sutiana, S.Kom, MAP dan arsiparis ahli Muda Yuniarti Eka Basuki, SS, MSI. Keduanya nara sumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Selain itu pada sesi esok hari akan diisi pula oleh Kabag TU dan Rumga AKBP Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si (Han)., M.Mar., Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus selaku nara sumber.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto-foto : Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar