Jumat, 17 November 2017

GLOBAL RESEARCH ON SUSTAINABLE TRANSPORT (GROST) 2017, WUJUDKAN TRANSPORTASI YANG BAIK DAN NYAMAN


GLOBAL RESEARCH ON SUSTAINABLE TRANSPORT (GROST) 2017, WUJUDKAN TRANSPORTASI YANG BAIK DAN NYAMAN

Dalam mewujudkan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti (STMT Trisakti) Menjadi World Class Institute, pada Rabu, 22 hingga 23 November 2017 dengan mengambil tempat di Aula STMT Trisakti, Lt.7 jalan Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur, STMT Trisakti akan menggelar Konferensi International "The 1st Global Research on Sustainable Transport” 2017.

Menurut Ketua Panitia Konferensi International, Dr Yosi Pahala, bahwa bahwa kegaitan Konferensi International The 1st Global Research on Sustainable Transport (GRoST) 2017 ini digelar seiring dengan adanya perkembangan globalisasi yang begitu cepat, dan mendorong industri jasa transportasi dan logistics untuk terus berupaya mempertahankan bisnisnya.

STMT Trisakti sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pada bidang manajemen dan logistics, dan bermitra dengan industri transport dan logistics telah secara konsisten mengembangkan inovasi-inovasi ilmiah yang salah satunya adalah dengan menyelenggarakan internasional conference.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa The 1st Global Research on Sustainable Transport adalah konfrensi internasional pertama yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT Trisakti). Kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai amanat undang-undang pendidikan yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah Penelitian.

Keterlibatan Civitas Akademika (Dosen & Mahasiswa), praktisi, industri, birokrasi diharapkan akan mampu memberikan pandangan-pandangan baru yang kekinian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang manajemen transportasi dan logistics. Konferensi lnternasional ini adalah salah satu langkah STMT Trisakti menjadi World Class Institute, ungkapnya.

Konferensi International "The 1st Global Research on Sustainable Transport” 2017, digelar mengambil topik “Transportation : Information and Technology Sustainability; Supply Chain Management; Business and Management on: Transportation, Tourism, and Logistics,
dengan dihadiri langsung oleh Dr. Illah Sailah (Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta) dan Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan Republik Indonesia) yang menjadi Keynote Speech.

Dan untuk Pembicara dalam event ini berasal dari beberapa negara, diantaranya Mr. Dean Zabrieszach (CEO of HMI Technologies and Vice President of ITS Australia) Mr. Hajime Amano (President of Japan ITS), Dr. Adisak Suvittawat (Lecture, Suranaree University), Dr. Albert Tan (Associate Professor, Malaysia Institute for Supply Chain Innovation), Prof. Dr. S.K Jason Chang (Professor Dept of Civil Engineering. National Taiwan University), Dr. Chang Woon Lee (President of The Korea Transport Institute), Dr. Thomas G Jin (Dept of Road Transport Research, The Korea Transportation Institute) 8. Dr. Mohammed Hikmet (President of New Zealand ITS, New Zealand University), Dr. Elly Adrian: Sinaga, MSc (Senior Lecture, STMT Trisakti) dan Dr. William Sabandar (President Director, PT. MRT Indonesia).

Untuk peserta konferensi terdiri dari Dosen, Mahasiswa, Praktisi, industry transportasi dan logistics, regulator (pemerintah) Kementrian Perhubungan. Pengamat, Asosiasi pada bidang transportasi dan logistics. Dan peserta diperkirakan mencapai 400 orang.

Sementara Output dari konfrensi ini adalah paparan para pembicara, paper artikel ilmiah dan poster yang disusun dalam bentuk Proceeding yang terindeks pada Web of Science (WOS) dan diterbitkan oleh Thomson Atlantis Press, dan menyampaikan rekomendasi kepada stakeholder (regulator, operator dan pengguna) dari hasil konfrensi ini.

Event ini di sponsori oleh salah satu mitra kerjasama STMT Trisakti yaitu PT. Sriwijaya Air Group, tegas Yosi Pahala.

Ditempat yang sama, Dr Juliater Simarmata yang juga Wakil Ketua STMT Trisakti juga menegaskan, bahwa melalui Konferensi International "The 1st Global Research on Sustainable Transport” 2017 ini, akan banyak membahas permasalahan transportasi khususnya di darah, sehingga sangat membantu Pemerintah Pusat maupun Daerah dalam pengambilan kebijakan mengenai transportasi massal, maupun bagaimana mengatasi kemacetan khususnya di kota-kota besar, untuk itu kami mengundang seluruh Dinas Perhubungan Provinsi maupun Kabupaten/Kota dan kita berharap para Kepala Dinas Perhubungan akan bisa hadir dalam Seminar Internasional tersebut.

Dalam Konferensi Internasional tentang Perhubungan ini, juga akan membahas bagaimana keberlangsungan tranportasi seiring dengan perkembangan transportasi massal, para pembicara yang hadir dari berbagai negara yang sudah tertata bagus tentang transportasinya, nantinya juga bisa memberikan pelayanan transportasi yang lebih nyaman dan tepat, sehingga dapat berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan produktivitas, peningkatan kepariwisataan, pengembangan Iptek serta dampak positif lainnya, inilah kontribusi STMT Trisakti dalam keberlangsungan pembangunan transportasi di Indonesia serta seluruh daerah, tegas Dr Juliater Simarmata. (Nurul).

0 komentar:

Posting Komentar