Jumat, 10 November 2017

HORMATI JASA PAHLAWANNYA, KOLINLAMIL LAKSANAKAN UPACARA BENDERA HARI PAHLAWAN

HORMATI JASA PAHLAWANNYA, KOLINLAMIL LAKSANAKAN UPACARA BENDERA HARI PAHLAWAN


Jakarta, 10 November 2017  Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 dipimpin oleh Inspektur Upacara Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han), di lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (10/11).


Upacara yang dilaksanakan di Kolinlamil oleh Parjurit dan aparatur sipil negara (ASN) Kolinlamil, dalam rangka mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, para pendahulu yang telah gugur berkorban jiwa raga melawan penjajah untuk sebuah tujuan kemerdekaan Indonesia.


Upacara yang sama juga secara serentak dilaksanakan di tempat lain di seluruh wilayah NKRI diantaranya taman makam pahlawan, di laut dengan menggunakan kapal perang dan di kantor-kantor instansi militer dan pemerintah.


Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Khofifah Indar Parawansa dalam amanatnya pada peringatan hari pahlawan tanggal 10 November 2017 yang dibacakan Irup bahwa, setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis Kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.


“Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.


“Bung Karno pernah menegaskan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati Jasa Pahlawannya, Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Indonesia,” jelas Mensos RI dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Kolinlamil.


Selain itu, pada upacara tersebut dibacakan sejumlah pesan-pesan dari para pahlawan nasional indonesia seakan-akan untuk membakar semangat dari para generasi penerus perjuangan para pahlawan. Diantaranya pesan dari pahlawan Nasional Jenderal Sudirman: “Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah, saya akan meneruskan perjuangan. Met Of Zonder pemerintah TNI akan berjuang terus“.


Pesan Pahlawan Nasional Abdul Muis: “Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang“.


Dan dari Soekarno proklamator kemerdekaan berpesan: “Berikan aku 1000 orang kuat niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan berikan aku 10 pemuda, niscaya kuguncangkan dunia”. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tetapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”. “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”.


Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Kolinlamil bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Laut (T) Joko Tri Prasetyo dan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kolinlamil, prajurit dan ASN Kolinlamil.


0 komentar:

Posting Komentar