Kamis, 16 November 2017

HUT KORPS MARINIR KE-72 TAHUN 2017

HUT KORPS MARINIR KE-72 TAHUN 2017

Korps Marinir TNI AL merayakan peringatan hari lahirnya yang ke-72 melalui upacara militer di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Setelah  Upacara Militer Parade dan Defile digelar di Lapangan Upacara  Brigif-2 Marinir Cilandak Jakarta Selatan pada 15 Nopember 2017, dilanjutkan malam harinya konser musik “Slank”.

Di tempat yang sama, Korps Marinir juga menyelenggarakan “Marinir Fair” yang terbuka untuk umum dari tanggal 16 hingga 19 Nopember 2017. Dalam kegiatan ini, masyarakat dapat menyaksikan langsung Pameran Alutsista Marinir dari masa ke masa, Produk Ekonomi Kreatif Masyarakat,  Bazar Barang  dan  Kuliner , Paint Ball, Outbond, Terjun Payung, Parade Kendaraan Tempur Amphibi, Demo Taktis Serangan  Marinir, Demo Beladiri Pencak Silat, Tarian Tradisional, Military Game. Acara ini juga dimeriahkan dengan pentas band Prajurit Marinir serta panggung hiburan dengan menghadirkan artis-artis kenamaan.

Kemudian, pada tanggal 16 Nopember 2017  (malam hari) akan diluncurkan  “Buku Ensiklopedia Korps Marinir TNI AL” bertempat di Lapangan Brigif-2 Marinir Cilandak Jakarta Selatan. Rencananya Kasal juga akan hadir dalam acara peluncuran buku yang berisikan perjalanan sejarah Korps Baret Ungu dari berdiri hingga saat ini. 

Korps Marinir juga menyelenggarakan Lomba Menembak Marinir  Cup 2017 yang digelar di  Jakarta pada  1-3 Desember  2017 di Lapangan Tembak Jusman Puger Brigif-2 Marinir Cilandak. Lomba yang sama juga digelar Lapangan  Tembak Fx. Soepramono  Karangpilang Surabaya pada 11-12 Nopember 2017 dan pada  2-3 Desember 2017 di  Lapangan  Tembak Brigif-3 Mar. Lomba Menembak ini diiukuti oleh anggota TNI, Polri dan Umum.

Kegiatan menarik lainnya yang dapat disaksikan dan diikuti warga masyarakat adalah “ Marines Fun Off Road & Trail Adventure” di Brigif-3 Marinir Piabung Lampung pada 2 - 3 November 2017 dan Circuit Extrem, Circuit Fun Offroad Umum, Circuit Fun Offroad TNI POLRI serta Trail Adventure yang diselenggarakan di Purboyo Jawa Timur pada 8-10 Desember 2017.

Sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan, Pada Selasa (7/11) Korps Marinir telah melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang dilaksanakan secara serentak oleh satuan-satuan Marinir yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain ziarah ke TMP Cirebon, Tegal, Pemalang, Temanggung, Ciledug, Surabaya, Makassar, Ambon, Nunukan, Manado  dan beberapa daerah lainnya.

Pada 17 Nopember 2017,  Wakil Presiden RI Bapak Yusuf Kalla akan meresmikan Masjid At Taqwa yang berlokasi di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Jakarta Pusat.
Mayjen TNI Mar Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) selaku pimpinan tertinggi Korps Marinir TNI AL menyatakan, Tema Hut ke -72 Korps Marinir adalah “Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional”. Sepanjang pengabdiannya kepada Ibu Pertiwi, Korps Marinir telah kehilangan 838 prajurit terbaiknya yang gugur, tewas dan hilang. Semua itu terukir rapi dalam Prasasti Sakti Jasawira Perkasa.

Ditempat yang sama, KASAL Laksamana TNI Ade Supandi, menegaskan, sesuai dengan rencana pembangunan kekuatan Korps Marinir yang mengacu pada kebijakan program pembangunan TNI AL dalam rangka mencapai kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force/MEF). Marinir harus tetap membina kemampuan profesional dalam mengawal keutuhan NKRI.
Kasal menilai HUT ke 72 ini merupakan momen tepat untuk terus memantapkan jati diri dan mengabdi pada bangsa dan negara. Sebab hal ini sesuai dengan tema HUT ke 72 yaitu Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional.

"Sebagai prajurit Marinir dituntut profesional. Asah dan bina kemampuan serta pertajam naluri tempur. Sebab, hal ini penting untuk menyongsong setiap perubahan tantangan penugasan mendatang," kata mantan Kasum TNI ini.

Menurut dia, perlunya gelar kekuatan di wilayah NKRI serta modernisasi alutsista di bidang organisasi. Oleh karena itu, direncanakan pembentukan Pasmar 3 di Sorong, Pembentukan Yonmarhanlan di Pontianak, Tarakan dan Sorong.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar