Jumat, 24 November 2017

KASAL TERIMA PENGHARGAAN PINGAT JASA GEMILANG DARI PEMERINTAH SINGAPURA

KASAL TERIMA PENGHARGAAN PINGAT JASA GEMILANG
DARI PEMERINTAH SINGAPURA


Jakarta, 24 November 2017, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P menerima penghargaan militer “Pingat Jasa Gemilang” dari Presiden  Republik Singapura Halimah Yacob. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen kepada Kasal Laksmana TNI Supandi di Kementerian Pertahanan (MINDEF) Singapura Jumat(24/11).

Kasal dianugerahi penghargaan tersebuat karena jasa-jasanya berkontribusi yang luar biasa dalam menjalin hubungan dan persahabatan yang baik antara TNI AL dan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN).

Sejak kepemimpinan Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. hubungan antara TNI AL dan Republic of Singapore Navy (RSN) dari waktu ke waktu semakin meningkat dan terjalin lebih erat melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama antara lain navy to navy talk (NTNT), latihan-latihan,  pertukaran perwira dan penyelenggaraan berbagai kursus masalah port calls.

Pada akhir bulan Maret lalu, TNI AL dan RSN juga telah merayakan lebih kurang 40 tahun hubungan kerjasama bilataeral antar angkatan laut kedua Negara.

Selain itu, kedua angkatan laut juga pernah sama-sama menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan latihan penyapuan ranjau Pasifik Barat yang ke-6 pada bulan Agustus 2015, yang melibatkan 16 negara, dan juga bekerjasama dan berpartisipasi dalam misi bakti sosial yang dilaksanakan di Indonesia dalam payung kegiatan  Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

Kasal berkomitmen kuat untuk memperdalam kerja sama bilateral di bidang keamanan maritim terbukti dalam dukungannya terhadap Patroli Selat Malaka untuk melawan pembajakan di Selat Malaka dan Singapura. Dibawah pimpinan Laksamana Ade Supandi, TNI-AL juga berpartisipasi dalam Pameran Pertahanan Maritim Internasional dan Konferensi Asia 2017 dan peringatan International Maritime Review RSN.

Kasal Laksamana Ade Supandi saat menerima penghargaan tersebut, mengatakan, "Saya sangat senang dan merasa terhormat untuk menerima Pingat Jasa Gemilang, dan ini menandai hubungan yang erat antara kedua negara sejak 50 tahun yang lalu”, Kasal berharap hubungan antara angkatan laut kedua negara akan berkembang semakin baik di tahun-tahun kedepan.

Kasal  berada di Singapura dari tanggal 23 sampai 24 November 2017 mengunjungi  Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen, Panglima Angkatan Pertahanan Letnan Jenderal Perry Lim, dan Kepala Angkatan Laut Laksamana Lew Chuen Hong sebelum acara penerimaan penghargaan Kasal memeriksa pasukan di kantor Kementerian Pertahanan Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar