Rabu, 08 November 2017

Little Steps Gunakan Metode Montessori Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Little Steps Gunakan Metode Montessori Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Jakarta, warta nusantara
Metode Montessori sebagai salahsatu metode pembelajaran untuk anak-anak, khususnya pada saat perkembangan anak yang ditemukan oleh Dr Maria Montessori (Seorang Pendidik dari Italia) kini mulai diterapkan di Indonesia, dan salahsatu lembaga pendidikan anak usia dini adalah Little Steps yang berlokasi di Ruko Sinpasa Blok B No.25 Summarecon Bekasi (021) 89453393.

Kepala Sekolah Little Steps Bekasi, Kikie Febrianty saat ditemui Sinar Pagi didampingi Pimpinan Media Nusantara Group, Euis Sartika menjelaskan, bahwa Metode Montessori ini adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru/pembimbing. Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep.

Dengan metode Montessori ini kita menstimulis kemampuan anak, bagaimana anak mampu memahami kegiatan sehari-hari dengan situasi dan kondisi yang sebenarnya, jadi anak-anak belajar untuk mandiri. Dan untuk kelas disesuaikan umur anak, mulai dari usia 1 hingga 2 tahun di kelas Toddler, anak usia 2 hingga 4 tahun di kelas Pre-School, 4 sampai 6 tahun di kelas Kindergarten. untuk satu kelas dengan guru pendamping 2 orang.


Sitem pembelajaran juga disesuaikan dengan umur, untuk level bawah Toddler untuk anak usia 1 hingga 2 tahun, ini belum masuk ke akademik, tetapi lebih ke sensorial, panca indera serta lebih banyak bermain, kelas berikutnya usia 3 hingga 4 tahun adalah Pre-Academic, yaitu mulai mencoret, mengenal warna dasar, belajar berhitung serta bentuk-bentuk dasar, belajar Bahasa Indonesia, bahkan mengenal seni.

Kikie Febrianty juga menegaskan, seluruh guru pendamping merupakan guru yang berkompeten dibidangnya, disamping pendidikan juga telah memperoleh pendidikan tambahan Pembelajaran Metode Montessori, usai mengajar semua guru juga membuat laporan serta jurnal anak didik, perkembangan anak selalu kita catat dan awasi, sehingga dengan evaluasi kita akan menemukan langkah-langkah selanjutnya bagi perkembangan anak didik, metode Montessori ada pengulangan, kemudian akan mengingat dan mengenal kembali. jadi dengan metode Montessori ini maka anak akan semakin mandiri, paparnya.



Bagi anak-anak usia 1 hingga 2 tahun kelas Toddler akan belajar 2 kali seminggu, tetapi untuk kelas Preschol usia 3 hingga 4 tahun belajar 3 kali seminggu, dan Little Steps juga menyediakan kendaraan jemputan untuk siswa di Bekasi, tambah Kikie.(Nurul)


0 komentar:

Posting Komentar