Sabtu, 25 November 2017

Patroli Bakamla RI Amankan Kapal Dokumen Palsu

Patroli Bakamla RI Amankan Kapal Dokumen Palsu

Kupang, 26 November 2017 (Humas Bakamla RI)
Sebuah kapal motor ikan dengan dokumen-dokumen palsu berhasil diamankan dalam operasi patroli Bakamla RI yang digelar di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia Timur (ALKI III), kemarin.
 
Kapal bernama KMN Sri Rahayu ini diamankan oleh KAL Weling 1-7-17 setelah pada pemeriksaan awal yang dilakukan, didapati kapal memiliki beberapa dokumen tidak sesuai SIB / surat ijin berlayar dan Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI). 

Pemeriksaan oleh KAL Weling 1-7-17 yang dikomandani Kapten Laut (P) Dwi Prasetyo, S.T. dilaksanakan pada saat Kapal Angkatan Laut ini sedang melakukan operasi patroli dibawah bendera Bakamla RI di Perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal motor yang membawa 6 ABK tersebut diketahui memiliki dokumen Surat Laik Operasi (SLO) Kapal Perikanan yang tidak sesuai dengan SIB dan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) tidak sesuai dengan SIKPI (palsu). Setiap kapal yang memasuki pelabuhan diwajibkan untuk menyerahkan dokumen asli kapal (surat-surat dan sertifikat) kepada syahbandar untuk diperiksa dan disimpan sampai dengan pada saat kapal berangkat diberikan bersamaan dengan surat ijin berlayar.
 
Selanjutnya, kapal yang dinakhkodai Oscar Mesakh beserta seluruh ABK dikawal ke Pangkalan Kupang untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Autentikasi:
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto-foto : Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar