Sabtu, 25 November 2017

SPKKL Karangasem Bakamla RI Ajak Nelayan Berperan Aktif Wujudkan Keamanan Laut

SPKKL Karangasem Bakamla RI Ajak Nelayan Berperan Aktif Wujudkan Keamanan Laut


Bali, 25 November 2017 (Humas Bakamla RI)---Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI Brigjen Pol Drs. Bastomy Sanap, S.H., M.B.A., M.Hum. diwakili Kepala SPKKL Karangasem Prabu Airlangga, S.Kom., mengajak partisipasi aktif nelayan Karangasem untuk ikut menjaga keamanan laut, saat menjadi nara sumber pada kegiatan Bimbingan Teknik Bidang Perikanan Tangkap, di ruang pertemuan Gedung UKM Center, Kab. Karangasem Bali, kemarin.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kab. Karangasem ini dilaksanakan selama 2 hari, 23 dan 24 November, dengan mengundang pula nara sumber dari Dinas perindustrian dan Perdagangan Kab. Karangasem, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kab. Karangasem dan Pos Basarnas Karangasem, serta dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan ketua kelompok nelayan dan perwakilan koperasi nelayan dari 4 kecamatan di wilayah Kab. Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SPKKL Bali membahas permasalahan seputar isu - isu keamanan laut dan faktor keselamatan laut bagi nelayan. Disampaikannya bahwa nelayan dapat berperan aktif dalam mewujudkan keamanan laut dengan memberikan informasi tentang kejadian mencurigakan yang ditemuinya selama di laut kepada aparat. 

Untuk itu, guna memberikan pemahaman kepada nelayan, Prabu juga menjelaskan tentang tugas, fungsi, dan kewenangan Bakamla RI selaku instansi yang terkait dengan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut. 
Menurutnya penting untuk mewujudkan jalinan sinergi antara instansi yang berwenang dalam hal pembinaan potensi maritim dengan masyarakat maritim, dalam hal ini nelayan Karangasem, guna terciptanya hubungan yang positif antara aparat penegak hukum dengan masyarakat maritim.

Dengan adanya kedekatan tersebut, informasi dari nelayan berkaitan dengan kegiatan illegal di laut dapat segera ditindak, sehingga nelayan juga bisa merasa aman beraktivitas di laut. Diingatkannya pula, agar para nelayan memperhatikan faktor-faktor keselamatan saat melaut.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto-foto : Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar