Senin, 06 November 2017

TIM EKSPEDISI NKRI KORIDOR PAPUAN SELATAN KEMBALI KE JAKARTA DENGAN KRI SURABAYA 591

TIM EKSPEDISI NKRI KORIDOR PAPUAN SELATAN KEMBALI KE JAKARTA DENGAN KRI SURABAYA 591

Jakarta, 6 November 2017. Ratusan personel dan material satuan tugas (Satgas) Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 yang telah selesai melaksanakan tugas di wilayah Papua, akhirnya diangkut kembali ke Jakarta dengan menggunakan KRI Surabaya 591. Proses embarkasi Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017 ini ke KRI Surabaya 591 dilakukan malam hari di dermaga umum pelabuhan Marauke.

Sebelumnya Satgas ini diangkut ke Papua dengan menggunakan KRI Banjarmasin 592 beberapa minggu yang lalu dan KRI tidak dapat menunggu satgas hingga selesai melaksanakan misi karena KRI Banjarmasin 592 harus melanjutkan tugas operasi lainnya sesuai perintah dari pimpinan komando atas.

Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan ini melibatkan setidaknya 1197 orang peserta berasal dari pusat maupun daerah dari berbagai elemen bangsa, dari TNI, Polri, para Ahli (Peneliti), Mahasiswa (Akademisi), Pemda dan Masyarakat.

Selama di daerah satgas ekpedisi NKRI ini melaksanakan berbagai kegiatan yang besifat kemanusiaan, kepedulian terhadap masyarakat dan upaya pelestarian alam di wilayah Papua Bagian Selatan merupakan upaya dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Indonesia bagian Timur.

Yang menjadi visi mereka adalah memantapkan seluruh potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong kesejahteraan sosial, menumbuhkan semangat rasa cinta tanah air serta meningkatkan pertanahan dan keamanan nasional,” urainya.

Sementara misinya adalah memetakan dan memantapkan sumber daya alam dan sumber daya manusia, kehutanan, flora dan fauna, ekologi, sosial budaya, membuka daerah terisolir, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial serta mendorong tetap terciptanya pertahanan dan keamanan wilayah.

Komandan KRI Surabaya 591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si., mengatakan personel dan material satuan tugas melaksanakan embarkasi di dermaga dermaga pelabuhan umum Marauke.

“Apabila telah selesai embarkasi personel dan material akan dilakukan pengecekan kembali dan selanjutkan akan bertolak menuju Jakarta. Dperlitakan dari pelabuhan marauke ke jakarta akan ditempuh pelayaran selama 11 hari dan akan singgah di Makassar untuk melaksnakan kegiatan bekal ulang”, jelasnya saat ditanyakan dispen Kolinlamil via telpon.

KRI Surabaya 591 jenis kapal Lending platform dock (LPD) yang sehari-hari operasionalnya berada di bawah kendali Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim). Namun dalam misi penjemputan Satgas Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan tahun 2017, kapal angkut personel dan material ini diperbantukan ke Komando Lintas Laut Militer.

0 komentar:

Posting Komentar