Jumat, 01 Desember 2017

Pangarmabar Hadiri IONS IMMSAREX Di Bangladesh

Pangarmabar Hadiri IONS IMMSAREX Di Bangladesh


Jakarta, 30 Nopember 2017
Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mewakili Kasal menghadiri kegiatan Indian Ocean Naval Symposium’s (IONS) Multilateral Maritime Search & Rescue Exercise (IMMSAREX) Tahun 2017 yang dibuka oleh Presiden Bangladesh di Cox’s Bazar Bangladesh, baru-baru ini.

Kegiatan IONS IMMSAREX Tahun 2017 yang diselenggarakan mulai tanggal 26 - 29 November 2017 diawali dengan acara Ice Breaking (26/11), dimana pada acara tersebut Presiden Bangladesh Mr. MD Abdul Hamid & Chief of Naval Staff Bangladesh Admiral Nizamudin Ahmed turut hadir beserta seluruh delegasi. Adapun Head of Delegation yang hadir antara lain Australia, China, Prancis,  Jerman, India, Iran, Italia, Jepang, Malaysia, Maldives, Myanmar, Oman, Pakistan, Russia, Saudi Arabia, Singapura, Spanyol, Thailand, United Arab Emirate (UAE) dan United Kingdom (UK). Beberapa negara turut berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu dengan mengirimkan Kapal dan pesawat atau heli. Adapun kapal yang berpartisipasi yaitu 13 Kapal dari Bangladesh, 1 kapal dari China, 4 kapal India, 2 kapal dari Iran serta 1 kapla dari Indonesia yaitu KRI Yos Soedarso-353. Sementara pesawat/heli yang berpartispasi yaitu 1 pesawat dan 1 heli Bangladesh, 1 pesawat China, 1 pesawat dan 4 heli serta 1 heli dari Indonesia.

Selanjutnya pada hari kedua (27/11), Pangarmabar melaksanakan Bilateral Meeting dengan Republik of Singapore Navy (RSN) Maritime Security Task Force (MSTF) Commander Colonel Seah Poh Yeen membahas tentang kerjasama antar kedua Angkatan Laut yang sudah terjalin dengan baik, latihan bersama yang pernah dilaksanakan, Information Fusion Center (IFC), kegiatan International Maritime Defence Expo (IMDEX) serta membahas rangkaian RSN 50 dan tugas-tugas MSTF yang lebih bersifat inward/home security. Selanjutnya Opening ceremony dihadiri oleh Presiden Mr. MD. Abdul Hamid, sambutan oleh Kasal Bangladesh selaku chairman IONS menyampaikan tentang sinergi for cooperative reginme at sea, pencapaian dan kerjasama yang telah dilakukan, arti penting posisi strategis Indian Ocean serta latar belakang IMMSAREX.

Pada kesempatan tersebut, BN Fleet Commander Radm Ashraf menyampaikan bahwa konsep IMMSAREX merupakan konsep tindakan dalam mengatasi berbagai kecelakaan di laut maupun akibat bencana alam seperti tsunami atau cyclone. Sementara dalam kesempatan lainnya, Indian Navy Chief of Staff Admiral Sunil Lanba menyampaikan CUES sebagai panduan, charter of bussiness, dimana India tetap pada komitmennya untuk bekerja sama, bertukar informasi serta efektif response dalam SAR di Indian Ocean dan sekitarnya. Sementara itu, dalam pidatonya Presiden Bangladesh menyampaikan upaya meningkatkan sektor maritim, menjaga keamanan maritim yang kompleks, modernisasi dan peningkatan kemampuan Angkatan Laut menjadi 3 dimensi serta mampu menghadapi ancaman internal maupun dari luar secara manunggal ataupun gabungan.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara pembukaan IMMSAREX oleh Presiden Bangladesh serta sesi foto bersama Presiden beserta seluruh delegasi di amphitheatre serta kegiatan Fleet Review oleh Presiden dengan menggunakan Heli. Acara dilanjutkan dengan pembukaan Beach Carnival. Sementara itu Observer dan Komandan KRI Yos Sudarso-353 mengikuti final exercise brief dan membahas secara rinci serial latihan dan pembagian latihan menjadi 3 skenario SAR dan Comm Plan. Kegiatan ditutup dengan acara Evening Gala.

Pada hari terakhir (28/11)  diadakan CoC (Conclave of Chiefs) dengan materi resume kegiatan IONS dan IPW (IONS preparatory workshop 2017), laporan perkembangan IONS working grup, Future Activites Discusion  Preparation for IONS 2018 (Iran)  dan Agenda brief of CoC 2018.(Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar