KASAL: Personel Salah Satu Komponen Utama Pembentuk Kemampuan Militer

KASAL: Personel Salah Satu  Komponen Utama Pembentuk Kemampuan Militer

Jakarta, 30 Januari 2018, Personel adalah salah satu komponen utama pembentuk kemampuan militer. Tersedianya personel yang profesional dan berkarakter sebagai pengawak Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan organisasi akan menjamin terlaksananya tugas-tugas TNI AL yang semakin kompleks dan dinamis. Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Personel (Rakorpers) TNI Angkatan Laut TA 2017 bertempat di Auditorium, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/1).

Bagi jajaran TNI AL, Rakorpers ini merupakan ajang evaluasi program dan kegiatan bidang personel tahun anggaran 2017, yang nantinya akan menjadi bahan masukan penyusunan kebijakan dan rencana bidang personel tahun 2018.

Kasal dalam sambutannya dihadapan lebih kurang 143 peserta yang terdiri dari Binkorps, Binprof dan Kewasgiatan Spersal serta Kotama, Balakpus dan Lantamal seluruh Indonesia menekankan bahwa pembangunan bidang personel yang meliputi penyediaan, pendidikan, penggunaan dan perawatan serta pemisahan merupakan rangkaian proses yang tidak terpisahkan satu sama lain.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, personel TNI AL harus dibentuk dan dibina menjadi prajurit matra laut yang berkualitas dan berintegritas. “Untuk mewujudkan hal itu maka dibutuhkan pembinaan personel yang sinergis dan berkesinambungan sesuai arah kebijakan pemimpin, serta antisipatif terhadap perkembangan organisasi di masa mendatang”, tegas Kasal.

Dihadapan peserta Rakorpers Kasal juga menggaris bawahi aspek terkait dengan kesejahteraan prajurit, menurutnya pemenuhan fasilitas penunjang perawatan personel khususnya perumahan dan pelayanan kesehatan bagi personel TNI AL dan keluarganya masih menjadi perhatian pemimpin TNI AL.

“Sebagai salah satu indikator kesejahteraan personel, pembangunan program kepemilikan rumah pribadi melalui dinas (PPMD) diharapkan menjadi program unggulan beserta program pembiayaan berbasis TABPLIN. Evaluasi terhadap regulasi yang terkait BPJS kesehatan bagi personel TNI AL akan terus dievaluasi sehingga benar-benar memenuhi kebutuhan personel beserta keluarganya secara paripurna”, tegas pemimpin TNI AL tersebut.

Beberapa agenda yang disampaikan pada Rakorpers ini diantaranya paparan evaluasi Proker 2017 dan kebijakan bidang personel 2018, paparan peran Binkorps/Binprof dalam usulan penempatan jabatan dan penghapusan alih status bagi prajurit TNI/TNI AL, paparan perkembangan dan mekanisme penanganan permasalahan yang menonjol di lingkungan TNI AL, paparan peran pendidikan dalam pembentukan personel yang profesional dan berkarakter, paparan penyediaan Rumah Pribadi Melalui Dinas dan penerapan aturan pemerintah nomor 102 tahun 2015 di lingkungan TNI AL, paparan optimalisasi peran BPJS dalam pelayanan kesehatan personel TNI AL dan keluarganya serta paparan peran dinas Psikologi TNI AL dalam mewujudkan prajurit Matra laut yang profesional dan berkarakter.

Rakorpers TNI AL yang dilaksanakan selama sehari ini turut dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R, Para Pejabat Utama Mabesal, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, serta pejabat terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6