Prajurit Dan ASN Lantamal II Padang Terima Ceramah Difteri

Prajurit Dan ASN Lantamal II Padang Terima Ceramah Difteri


Jakarta,  4 Januari 2018, Dalam rangka memperingati HUT Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ke- 55 Tahun 2018 Diskes Lantamal II Padang berikan ceramah Difetri kepada prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lantamal II Padang di Gedung Nanggala Mako Lantamal II Padang , Kamis (04/01).

Kegiatan ceramah kesehatan ini dihadiri oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., bersama Ketua Korcab II DJAB Ny. Yuni Agus Sulaeman. Ceramah dibuka oleh Kadiskes Lantamal II Letkol Laut (K/W) Wahyu M, M.Kes.

Ceramah kesehatan yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Hendra Nuryanto yang merupakan dokter umum di Diskes Lantamal II Padang, mengusung ceramah tentang bahaya penyakit Difteri, dimana penyakit ini bisa mengakibatkan kematian lantaran sumbatan saluran nafas atas atoksinnya yang bersifat patogen, menimbulkan komplikasi miokarditis (peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah), gagal ginjal, gagal napas dan gagal sirkulasi.

"Difteri itu gejalanya radang saluran nafas, ada selaput putih dan gampang berdarah, dan toksinnya itu yang bahaya, bikin kelainan jantung, meninggal," katanya.

Difteri sebenarnya merupakan penyakit lama yang sudah ada vaksin penangkalnya yang disebut vaksin DPT. Untuk pencegahan, maka idealnya, vaksin ini diberikan minimal tiga kali seumur hidup sejak anak-anak berusia dua tahun. Vaksin ini akan efektif jika diberikan setiap 10 tahun. Sehingga disarankan kepada para Prajurit TNI AL yang sudah memiliki putra dan putri bisa sesegara mungkin melakukan vaksinasi untuk mencegah terkena difteri.

Usai ceramah, dilanjutkan dengan tanya jawab dan pada akhir kegiatan ceramah, Komandan Lantamal II didampingi Kadiskes Lantamal II dan Pater Kowal Lantamal II Letkol Laut (K/W) Nurbaiti  menyerahkan cinderamata kepada Letda Laut (K) dr. Hendra. Turut serta dalam kegiatan ceramah yakni Wadan Lantamal II, para Asisten Danlantamal II, Kasatker Lantamal II, Prajurit dan ASN Lantamal II serta Pengurus Korcab II DJAB.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6