KRI Tenggiri-865 Koarmabar Tangkap 3 Kapal Penambang Timah Ilegal Di Perairan Bangka

KRI Tenggiri-865 Koarmabar Tangkap 3 Kapal Penambang Timah Ilegal Di Perairan Bangka


Jakarta, 1 Februari 2018, KRI Tenggiri-865 salah satu unsur Koarmabar yang sedang melaksanakan operasi Benteng Sagara – 18 BKO Guskamlabar berhasil menangkap tiga kapal penambang pasir timah ilegal di Perairan Sungai Liat sebelah timur laut Bangka, Rabu (31/1).


Kejadian Penangkapan tersebut berawal dari kecurigaan KRI Tenggiri-865 saat melaksanakan patroli, melihat segerombolan kapal kayu berukuran kurang lebih 15 GT sedang melakukan aktivitas penyedotan dengan menggunakan pipa ke dasar laut.


Selanjutnya Komandan KRI Tenggiri-865 mengarahkan kapal mendekat ke sasaran untuk melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kapal-kapal tersebut.


Namun pada saat didekati, kapal-kapal tersebut secara serentak berpencar untuk melarikan diri dari kejaran KRI. Berkat kesigapan KRI Tenggiri-865, maka berhasil ditangkap tiga kapal tanpa nama. Selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan dan didapati beberapa barang bukti berupa mesin pencari timah yang masih menyala dan ember material pasir timah hasil penambangan.


Hasil dari pemeriksaan awal, ketiga kapal tersebut bermuatan total kurang lebih 95 Kg timah mentah. Selain itu, ketiga kapal tersebut tidak memiliki dokumen kapal, dokumen pelayaran dan ijin usaha penambangan.


Atas dasar hasil pemeriksaan tersebut maka KRI Tenggiri-865 mengawal ketiga kapal penambang pasir timah ilegal tersebut menuju ke Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal)  Bangka Belitung untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.


0 komentar:

Posting Komentar