Cek Kesiapsiagaan Pangkalan, Kolatarmabar Adakan Uji Glagaspur Lantamal II Padang

Cek Kesiapsiagaan Pangkalan, Kolatarmabar Adakan Uji  Glagaspur Lantamal II Padang

Jakarta, 2 Maret 2018, Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Kolat Koarmabar), melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang. Kegiatan ini dilakukan guna mencapai tugas pokok Pangkalan dan untuk menguji kesiapsiagaan serta profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut, Kamis (1/3).

Kedatangan Tim Uji Terampil Glagaspur Kolat Koarmabar tersebut, diterima oleh Wadan Lantamal II Kolonel Marinir Lasmono berserta seluruh prajurit dan PNS Lantamal II di Mako Lantamal II. Tim Uji Terampil Glagaspur Kolat Koarmabar yang dipimpin oleh Pasops Kolat Koarmabar Letkol Laut (P) Agus Darmawan bersama delapan orang tim penguji tersebut melaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan di Lantamal II  selama Dua  hari dan dilanjutkan dengan melaksanakan Uji Terampil ke Lanal-Lanal dibawah jajaran Lantamal II Padang.

Tugas pokok Lantamal II adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur satuan dan kotama TNI Angkatan Laut serta melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di laut dan tugas-tugas lainya. Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Lantamal II dituntut untuk memiliki kemampuan seperti halnya kemampuan dukungan logistik dan administrasi, kemampuan pembinaan intelijen, kemampuan pengamanan Laut, kemampuan penyelenggaraan bantuan operasi pada otoritas sipil, kemampuan pertahanan pangkalan. Untuk mengukur dan menilai tingkat kesiapan pangkalan dalam mencapai tugas yang diembannya diperlukan evaluasi secara bertingkat dan berlanjut.

Penyelenggaraan uji glagaspur Pangkalan tingkat P1 dan P2 merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI Angkatan Laut, uji trampil glagaspur tingkat 1/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan persenjataan masing-masing bagian, sedangkan uji trampil glagaspur Pangkalan tingkat 2/P2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama baik secara teknis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Adapun beberapa materi Uji terampil yang dilaksanakan meliputi, Bongkar pasang senjata (pistol dan Senjata laras panjang SS-1), Isyarat komunikasi, ujian tertulis, Menembak, PBB, PDD Khas TNI AL, Peran Huru-Hara, Peran pertahanan pangkalan (Hanlan), Peran PEK, Renang militer dan evakuasi medis.

0 komentar:

Posting Komentar