Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Resmi Jabat Pangarmabar

Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Resmi Jabat Pangarmabar

Jakarta, 15 Maret 2018,-- Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke XXXIII/tahun 1988, resmi menjabat sebagai Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) ke-33 menggantikan Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., dalam prosesi serah terima jabatan (sertijab) di Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (15/3). Upacara sertijab dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., sekaligus menyematkan tanda jabatan kepada Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. 

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan aktualisasi dari regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis. Hal ini berkaitan erat dengan dinamika pembinaan organisasi secara menyeluruh untuk memberikan penyegaran melalui ide dan gagasan yang inovatif bagi peningkatan kinerja organisasi.

Selanjutnya, Kasal mengatakan Koarmabar dan Kolinlamil adalah kotama pembinaan dan operasional TNI Angkatan Laut. Dimana Koarmabar bertugas membina kemampuan SSAT dan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan negara di laut, melaksanakan operasi laut, operasi tempur laut dan proyeksi kekuatan ke darat dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Sedangkan Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan angkutan laut administratif, taktis maupun strategis TNI/POLRI dan melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional. Perkembangan lingkungan yang strategis diwarnai dengan berbagai permasalahan terkait perbatasan antar negara, pengamanan pelayaran, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hukum di laut serta penanggulangan bencana alam. Selain itu, pemberontakan bersenjata, separatisme dan terorisme masih menjadi ancaman serius bagi integritas NKRI. 

Diakhir amanatnya, Kasal mengharapkan Koarmabar dan Kolinlamil menjadi tumpuan TNI Angkatan Laut dalam menjawab tantangan tugas tersebut, sehingga kesiapsiagaan operasional kedua kotama harus optimal. TNI Angkatan Laut tengah melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan yang diarahkan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum guna mendukung pemerintah menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia. menyikapi hal tersebut, Koarmabar dan Kolinlamil dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas personel dengan didukung Standard Operating Procedure (SOP) yang implementatif. 

Sebelum menjabat sebagai Pangarmabar, Laksamana Muda Yudo Margono, S.E., M.M. menjabat sebagai Pangkolinlamil. Sementara Laksamana Muda Aan Kurnia, S.Sos akan menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kasal. 

 

Hadir dalam acara tersebut, Pangkostrad, Danjen Kopassus, Gubernur DKI Jakarta, Kepala Bidang Penindakan BNN, para Athan negara sahabat, para Pejabat Utama TNI AL serta undangan lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar