Tim WFQR I Lanal Lhokseumawe/Koarmabar Tangkap Kapal Muat Barang Ilegal Dari Thailand Di Perairan Aceh

Tim WFQR I Lanal Lhokseumawe/Koarmabar Tangkap Kapal Muat Barang Ilegal Dari Thailand Di Perairan Aceh

Jakarta, 5 Maret 2018, -- Pangkalan Angkatan Laut (Lanal)  Lhokseumawe, salah satu Lanal di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap  kapal yang memuat barang ilegal dari Pelabuhan Satun Thailand di Perairan Aceh Tamiang, Sabtu (3/3).

Penangkapan terhadap kapal motor tersebut berawal saat KAL Bireun yang sedang melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Perairan Aceh Tamiang, melihat sebuah kapal kargo kayu yang melakukan gerakan mencurigakan. Selanjutnya KAL Bireun melaksanakan peran pemeriksaan dan mendekati kapal motor tersebut sekaligus menghentikannya pada posisi 4° 37′ 406” U – 098° 38′ 077” T.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan, diketahui kapal kargo kayu tersebut bernama KM Jaya Abadi I yang diawaki lima ABK dengan nahkoda berinisial MN dengan muatan 210 ekor ayam Jago dari Thailand, pakaian jadi (tekstil) sebanyak 8 ton serta pakan dan obat-obatan untuk ayam tarung lebih kurang 2 ton yang diduga ilegal.

KM. Jaya Abadi I dengan tonase Gt. 35 QQD No. 331 kepemilikan Z tersebut berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang sah diantaranya Surat persetujuan berlayar, Data Manifest Barang, Surat Ijin dari karantina hewan, Surat Ijin Kepabean, Surat Ijin Expor Impor Barang Muatan dan Daftar Awak Kapal/ Crew List tidak sesuai serta Sertifikat Kelaikan Kapal.

Berdasarkan pelanggaran tersebut maka KM Jaya Abadi I beserta ABK dan muatannya dikawal oleh KAL Bireun menuju ke Lanal Loukseumawe guna pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar