Antisipasi Keadaan Darurat di Laut, Bakamla RI Sosialisasi Keselamatan Laut di Medan

Antisipasi Keadaan Darurat di Laut, Bakamla RI Sosialisasi Keselamatan Laut di Medan

Medan, 18 April 2018 (Humas Bakamla RI)---Untuk mengedukasi para nelayan agar mampu mengantisipasi keadaan darurat di laut, Bakamla RI kembali melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Keselamatan Laut, kali ini di Ds. Tanjung Beringin Kab. Deli Serdang, Sumut, Rabu (18/4/2018).

Kehadiran rombongan penyelenggara yang berasal dari Direktorat Kerja Sama Bakamla RI tersebut di sambut dengan kehangatan dan penuh antusias oleh para nelayan Tanjung Beringin. Saat memasuki tempat kegiatan, Kombes Pol Suharwiyono, S.H., M.H. selaku pimpinan rombongan menyalami satu persatu 50 peserta sosialisasi keselamatan laut. 

"Saya bersalaman untuk memastikan kalo peserta nelayan semua, ternyata benar-benar nelayan", candanya.

Kegiatan di awali dengan sambutan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sri W. Pancasilawati, yang menyatakan rasa terima kasihnya atas antusiasme para nelayan sekitar untuk mengikuti kegiatan. Harapannya, Bakamla RI jangan berhenti memperhatikan nelayan-nelayan Tanjung Beringin ini.

Dijelaskannya, bahwa para peserta telah di bekali ilmu oleh KKP mengenai Nelayan Go Online, namun belum di bekali alat pendukung tersebut. Permasalahan inipun di tampung oleh Suharwiyono, "kami akan coba untuk sampaikan aspirasi tersebut ke pusat karena kesejahteraan para nelayan indonesia sangat kami perhatikan".

Suharwiyono dalam sambutannya juga menjelaskan tugas dan fungsi Bakamla RI dimana salah satunya yaitu menjaga keselamatan laut indonesia, 

"Keselamatan laut bukan berarti hanya keselamatan sumber dayanya, tetapi keselamatan nelayan juga. Oleh karena itu, sosialisasi ini kami lakukan agar para nelayan dapat bekerja dengan aman dan selalu selamat", katanya.

Kegiatan sosialisasi ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi nelayan pentingnya keselamatan saat di laut, di ikuti dengan pemberian life jacket kepada para peserta agar peduli dan memperhatikan keselamatan dirinya saat melaut, serta diikuti pula dengan tata cara pemakaiannya. 

Agar peserta lebih paham untuk mempraktekannya pada saat bertemu kejadian darurat dilaut, kegiatan dilengkapi pula dengan simulasi atau skenario cara penyelamatan orang tenggelam seperti CPR, mengecek detak nadi, mengangkat tubuh korban dan semacamnya, yang di pandu oleh Daniel Sibarani, Staff Operasi Latihan Udara Maritim sekaligus anggota Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI. Meskipun simulasi dilakukan di darat, namun antusiasme nelayan sangat jelas terlihat sehingga membuat Tim Sosialisasi Keselamatan Laut juga bersemangat menanggapinya.

Kegiatan di tutup dengan penyampaian aspirasi para peserta sosialisasi, penyerahan life jacket dan foto bersama. Kegiatan di hadiri pula oleh Kepala Unit Pelabuhan Tanjung Beringin Syahbandaran Edwin Sitompul, Kepala Unit Keamanan Laut Pos Angkatan Laut Serka Agus Ariadi, dan Kepala Unit TPI Tanjung Beringin Daniel Tarigan. Hadir pula Iptu Suparjo, S.H., M.H. mewakili Kapolsek Tanjung Beringin. Sedangkan 50 peserta berasal dari beberapa desa yaitu Desa Pekansialangbuah, Desa Sentang, Desa Bagankuala, Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Tebing Tinggi, Desa Pekan Bandar Khalifah, Desa Gelam Sei Serimah, dan Desa Nagur.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto : Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6