Bakamla RI Fokus Peningkatan Operasi, Gakum, dan SPD

Bakamla RI Fokus Peningkatan Operasi, Gakum, dan SPD

Jayapura, 12 April 2018 (Humas Bakamla RI)--- Pokok-Pokok Kebijakan dan Strategi Bakamla RI tahun 2018 dengan focus pada kebijakan Peningkatan Operasi, Penegakan Hukum, dan Peningkatan Sistem Peringatan Dini dibahas dalam Forum Koordinasi Kebijakan Keamanan Laut ke-2 di Jayapura, Prov. Papua, Kamis (12/4/2018).

Forkor Jak Kamla digelar oleh Direktorat Kebijakan Kamla untuk kedua kalinya tahun ini, sebelumnya pada bulan Maret lalu dilaksanakan Forkor Jak Kamla yang pertama di Ambon. Pada forum koordinasi kali ini Bakamla RI menghadirkan nara sumber yaitu Kepala Kanwil DJBC Khusus Papua Padmono Tri Wikanto, Direktur Polair Polda Papua Kombes Pol Yulius Bambang Karyanto, dan Asops Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Nouldy J. Tangka, serta Wakil Dekan II Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih Dr. Jhonatan Numberi selaku moderator.

Sementara itu, peserta yang hadir berasal dari berbagai instansi terkait yang merupakan mitra maritim Bakamla RI, antara lain dari Lantamal X Jayapura, Polair Polda Papua, Kejati Papua, PSDKP Jayapura, Imigrasi, Bea Cukai, BNN Papua, PN Jayapura, DKP Papua, KSOP Jayapura, dan Dosen Universitas Cenderawasih. Hadir pula para penyelenggara kegiatan yaitu Kasubdit Harmonisasi Kebijakan Mulya Hakim, S.IK, M.H., Kasi Harjak internasional Ibnu Sina, S.Pd., M.M., Kasubbag Pusat Informasi Maritim Blandina Wardhani, S.H., M.H., beserta para staf Harmonisasi Kebijakan.

Acara dibuka Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., melalui kata sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Direktur Penelitian dan Pengembangan Kombes Pol Brata Mandala mengatakan bahwa forum ini digelar untuk membangun dan menghasilkan kesamaan persepsi dan tindakan dalam rangka melaksanakan pemerintahan yang baik di laut, khususnya aspek penegakan hukum yang efektif dan efisien. 

Dikatakan pula, Bakamla RI dengan tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia memiliki kemampuan patroli keamanan dan keselamatan, kemampuan surveillance, dan sinergitas.

Terkait hal itu, lanjutnya, Bakamla RI diharapkan dapat mensinergikan seluruh instansi terkait termasuk masyarakat untuk bisa bersinergi dalam mewujudkan kebijakan-kebijakan pemerintah pada sektor kelautan, khususnya untuk mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia, untuk kita dukung bersama, ucapnya.

Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto : Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar